215 Atlet Anggar Berebut Kuota Untuk Tampil di Porprov Jabar XIV Jawa Barat

215 Atlet Anggar Berebut Kuota Untuk Tampil di Porprov Jabar XIV Jawa Barat

Bandung, Gerbang Indonesia – Bertempat di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Babak kualifikasi porprov Jabar XIV cabang olahraga anggar digelar Mulai Hari ini, Tanggal 29 Maret sampai dengan tanggal 1 April 2022. Sebanyak 215 atlet anggar berebut kuota untuk tampil di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat tahun 2022. Babak kualifikasi mempertandingkan sebanyak 12 nomor baik untuk perorangan maupun nomor beregu di setiap jenis senjata, Total 215 atlet bertanding, Mewakili 15 kota/kabupaten, Kata Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI), Hj. Asyanti Rozana Thalib.

Baca juga:  Dorong Skema Pentahelix, TAR Jokowi Kota Depok Desak Kementerian ATR Sertifikasi Situ Atasnamakan BUMDKS

“Jadi nomor yang dipertandingkan untuk jenis senjata floret putra dan putri, lalu sable putra dan putri, serta degen putra dan putri. Ini untuk perorangan dan beregu,” Tambah Asyanti.

Untuk nomor pertandingan di kategori perorangan, Ikasi Jabar menerapkan batasan usia atlet yakni maksimal 28 tahun. Sedangkan untuk nomor beregu, tidak dilakukan pembatasan usia.

“Kita bebaskan usia atlet untuk kelompok beregu karena kualitas atlet senior di Jabar masih cukup bagus jadi sayang kalau tidak dilibatkan dalam pertandingan. Selain itu, di PON XXI tahun 2024 pun, untuk nomor-nomor beregu tidak dibatasi usia,” Asyanti menerangkan.

Baca juga:  DPRRI Komisi X Minta Lingkungan Akademis Indonesia Tidak Hanya Andalkan SCOPUS

Untuk itu, kata Asyanti, atlet-atlet senior diatas 28 tahun masih memungkinkan menjadi bagian dari tim Anggar Jabar di PON XXI tahun 2024 mendatang. Dengan catatan, memiliki kualitas yang bagus dibanding atlet lain di kelasnya.

“Kita juga melihat potensi atlet anggar dibawah usia 28 tahun ini sudah cukup bagus. Kalau mereka bisa mengikuti banyak pertandingan, kami yakin kualitas mereka akan terus meningkat,” Asyanti menegaskan.

Pada hari pertama pelaksanaan babak kualifikasi, atlet-atlet senior masih memperlihatkan kualitasnya. Di nomor floret putri, peraih medali emas PON XX asal Kabupaten Sumedang, Leoda Lundy Winona menjadi yang terbaik usai mengalahkan Anisa Berliana (Kab. Karawang)

Baca juga:  Lakukan Study Banding, Diskominfo Mesuji Bersama PWRI Mesuji Sambangi Diskominfo Kabupaten Bogor dan PWRI Bogor Raya

Lalu di nomor sabel putri, Rindhi Ayu Kusuma yang membela kontingen Kabupaten Bandung Barat menjadi yang terbaik. Ridhi yang merupakan atlet eks PON XX ini mengalahkan perwakilan Kota Sukabumi, Pradini Sri Rahayu.

Dan di nomor degen putra. Peraih medali emas PON XX asal Kota Bogor, Anggi Williansyah berhasil mengalahkan atlet Kota Depok, Robi Hermawan, Tutup Asyanti.(Deni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *