Ayo Bangkit Bersama SMA Negeri 1 Ulujami

Ayo Bangkit Bersama SMA Negeri 1 Ulujami

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Sebagaimana kita tahu bersama bahwa tanggal 20 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai hari besar Nasional yaitu Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional).
Demikian juga dengan “Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114.

“Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional
sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami
esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik
peringatan Hari Kebangkitan Nasional.
Demikianlah isi pesan sambutan pembuka awal dari Surat edaran Mentri Komunikasi dan Informatika RI.

Berkenaan dengan hal tersebut kami dari awak media meminta sesi wawancara dengan Kepala Sekolah SMAN 1 Ulujami Dra.Titik Istiqomah, M.Pd perihal pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Nasional di SMA Negeri 1 Ulujami.

Titik menyampaikan bahwa Kami menindaklanjuti surat edaran yang kemarin di grup cabang dinas itu disampaikan untuk hari Kebangkitan Nasional yang ke 114 ini dengan pelaksanaan Upacara Bendera, Kita pakai seragam Korpri, setelah selesai kita laksanakan dengan Upacara Bendera, dan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dilaksanakan seperti biasa, karena kelas 10 dan 11 ini kan sebentar lagi mau PAT (Penilaian Akhir Tahun) tinggal beberapa hari lagi.

Baca juga:  Luar Biasa!!! Inovasi Desain Sumur CO2-EOR Karya Mahasiswa UPER Mampu Mengurangi Emisi

Dan dalam Upacara yang berlangsung pagi ini, Saya juga membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI.
Saya juga turut berpesan kepada Siswa siswi SMAN 1 Ulujami agar memanfaatkan waktu yang tersisa sebelum dimulai tanggal 30 Mei bulan ini, artinya para siswa bisa belajar dengan semaksimal mungkin atau apabila ada materi-materi yang kurang paham segera diskusi atau minta penjelasan dari Guru yang mengajar.
Ini adalah kesempatan kita dalam dunia Pendidikan agar memaksimalkan mutu dan kualitas dunia pendidikan setelah dua tahun masa pandemi, kita harus bangkit bersama seperti apa yang dimaksudkan dalam pesan sambutan dari edaran Menteri komunikasi dan informatika.
Bahkan secara khusus pesan tersebut juga untuk masyarakat Indonesia agar segera bangkit kembali, ini kelihatannya kan ekonomi juga sudah mulai terlihat, mulai bergerak, dan ada indikasi pergerakan yang lebih baik, kemudian Presiden juga menyampaikan bahwa kita sudah mulai ada kelonggaran dalam penggunaan masker di tempat-tempat terbuka yang tidak terlalu ramai, kecuali di kegiatan di ruang tertutup yang ramai, intinya sudah mulai ada kelonggaran kelonggaran.

Dan cakupan target vaksinasi dosis dua juga sudah hampir 80% se-Indonesia, kasusnya Covid-19/juga sudah melandai.

Dan khususnya di lingkup dunia pendidikan Saya ingin anak-anak sedikit demi sedikit kita dorong ataupun kita beri motivasi agar tidak berlarut-larut seperti pada saat pelaksanaan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)/daring yang membuat semangat belajarnya bisa saja menurun, sehingga mengakibatkan loss learning.
Jadi momentum kebangkitan inilah kita kembalikan kualitas dunia pendidikan di Indonesia dan juga di SMAN 1 Ulujami.

Baca juga:  Saat Berkunjung Ke RM Coto Makassar Tallasa, Ini Kata Kapolda

Dan mengenai dengan persiapan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) disini sudah online, artinya anak-anak itu pada dasarnya bisa dapat melaksanakan pendaftaran dari rumahnya masing-masing, dan jalurnya kurang lebih itu masih sama dengan tahun lalu:

– ada afirmasi
– ada zonasi
– ada prestasi.

Maksudnya Kita sedapat mungkin agar bisa meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh anak, dan masalah diterima atau tidak disekolah ini, kita tidak bisa memilih, karena hal itu adalah sistem yang menentukan diterima atau tidak karena dari sistem itu sendiri yang akan membaca.

Mudah-mudahan tidak terjadi masalah seperti yang tahun kemarin, karena beberapa titik koordinatnya banyak yang Mis/Cross (salah/silang), dikarenakan pengisian titik koordinatnya dari tempat yang sama (asal tempat sekolah) bukan tempat tinggalnya.

Dan selanjutnya harapan Saya untuk anak-anak yang lulus dari SMA itu harusnya diharapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, dan untuk SMAN 1 Ulujami juga belum tinggi persentasenya yang melanjutkan ke Perguruan tinggi, bahkan kuota untuk mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) saja, khususnya untuk jurusan IPS itu tidak terpenuhi, hanya suruh ikut saja tidak mau.

Baca juga:  SMK Satya Praja 2 Petarukan "Mari Bangkit Membangun Pendidikan Dengan Kreatifitas dan Inovasi"

Kalau jurusan IPA sudah bagus, hanya saja secara keseluruhan itu memang belum memenuhi harapan, harusnya kan 100% anak-anak lulusan SMA itu melanjutkan kuliah baik negeri maupun swasta, kenyataannya untuk lulusan SMAN 1 Ulujami yang melanjutkan Kuliah itu baru kurang lebih kisarannya antara 15% sampai 20% saja.

Dari 13 anak ada 1 anak yang SNMPTN maupun PTKI diterima, jadi secara administrasi ada 14 anak.

Harapan sekolah Kami, agar selalu ada kerjasama yang baik antara seluruh stakeholder sekolah mulai Guru, Karyawan, Komite, Siswa dan juga Orang tua Siswa untuk menyamakan komitmen agar Kualitas SMA Negeri 1 Ulujami bisa terus meningkat lebih baik dan lebih baik lagi.

Intinya adalah ada kerja yang baik, dalam artian kerjasama yang baik itu bisa saling memberikan motivasi di sekolah, buat Guru-guru kelas bisa selalu mendorong siswa agar tidak hanya cukup SMA kemudian lulus lalu menikah.
Dan untuk orang tua Siswa bisa memberikan motivasi pencapaian hasil belajarnya itu agar lebih baik, dan pemahaman dalam menerima materi pelajaran bisa diaplikasikan dalam kehidupan sosial masyarakat yang bermanfaat.

Harapannya SMA Negeri 1 Ulujami ke depannya semakin unggul, maju dan berkualitas. Pungkas Titik Istiqomah.
(Eko B Art)

SMAN 1 ULUJAMI beralamat di JL. AKASIA NO. 07, Desa Pamutih, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah, dengan kode pos 52371

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *