Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Menjadi Pilot Project Pencanangan Kampung Pancasila

Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Menjadi Pilot Project Pencanangan Kampung Pancasila

Pemalang, Gerbang Indonesia – Dihadiri segenap Jajaran Kodim 0711 kabupaten Pemalang, Kepala Kesbangpol Kabupaten Pemalang, Camat Petarukan, dan juga Kapolsek serta Danramil sekabupaten Pemalang.

Hadir juga masyarakat dan organisasi lintas Agama desa Widodaren bersama Pemdes Widodaren.
Acara kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila berlangsung di Balai Desa Widodaren Selasa 05 April 2022.

Dalam kesempatan pesan sambutan acara kegiatan tersebut Nasihin Kepala Desa Widodaren menyampaikan “Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk melaksanakan berbagai kegiatan kita sehari-hari.

Terimakasih atas Kepercayaan dari Semua pihak yang berwenang kepada Kami semua, dimana Desa Widodaren dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan, kami akan berusaha untuk mewujudkan dan implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dalam penyelenggaraan pemerintah Desa di kampung Kami.

Dan selanjutnya Kami mohon maaf apabila dalam penyambutan kami dalam acara kegiatan ini ada hal-hal yang kurang berkenan. Pungkas Nasihin.

Selanjutnya Andri Adi SPd selaku Camat Petarukan menyampaikan bahwa hari ini merupakan hal istimewa, Desa Widodaren dihadiri Komandan Kodim Kodim 0711 Pemalang beserta segenap jajaran lengkap bersama beberapa Danramil, Kapolsek seKabupaten Pemalang.
Dan hadir juga Kepala Badan Kesbangpol linmas Kabupaten Pemalang yang hadir langsung secara Pribadi.

Baca juga:  Buka Acara Program PWBPP yang Diikuti 2.100 Orang, IBH : Ini Upaya Nyata Pemkot Depok dalam Pemulihan Perekonomian Masyarakat

Kegiatan hari ini spesial yaitu Pencanangan Kampung Pancasila didesa Widodaren kecamatan Petarukan.

Tokoh lintas Agama, Masyarakat dan ulama juga ketua RT RW dan lembaga Desa Widodaren ikut menyaksikan Pencanangan Kampung Pancasila di Balai desa Widodaren.

Kegiatan ini menjadi hal istimewa dan spesial, dalam rangka pelaksanaan Pencanangan Kampung Pancasila didesa Widodaren Kecamatan Petarukan adalah yang pertama di tingkat Kabupaten Pemalang.

Yang mana nantinya pencanangan ini akan dilanjutkan di kecamatan lain.
Oleh karena itu kita sebagai warga masyarakat Widodaren patut Bangga karena dari duapuluh Desa/Kelurahan di Kecamatan Petarukan, adalah Desa Widodaren menjadi pilot project kegiatan ini.

Dan memang di Desa Widodaren ini terdapat beberapa agama dan kepercayaan yang ada.

Pencanangan Kampung Pancasila ini sebenarnya sebagai penegasan bagi kita semua, untuk melaksanakan implementasi dari Sila-sila dan nilai-nilai luhur Pancasila.

Semoga ini menjadikan kita benar-benar mengaktualisasi, menunjukkan dan memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila bisa kita laksanakan dengan baik.
Pancasila ini bener-bener harus kembalikan kedalam diri Kita sebagai warga Negara dan Rakyat Indonesia.

Dari hal tersebut kita bisa belajar dari mulai Sila pertama Pancasila yakni:
1. Ketuhanan Yang Maha Esa, dimana tentang Hal hal Keagamaan bisa menjadi isyu pemecah belah, kemudian sila ke 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Dimana rasa keadilan juga kadang dimanfaatkan di peralat sebagai informasi yang tidak seharusnya. Dan kemudian sila ke 3. Persatuan Indonesia. Ini juga sering dimanfaatkan sebagai isyu pemecah belah menggesek KeBhinekaan Kita. Dan yang sila yang ke 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Ini menyangkut Demokrasi di negara kita. Dan sila yang ke 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Adalah soal hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Baca juga:  Bupati Barru Segera Benahi Jembatan Dusun Menrong Tanete Riaja

Kesemuanya itu bukan menjadikan kita berpisah, tapi justru kita Kuat, Kita bersatu karena kita semua memahami arti Pancasila, Pancasila sudah menjadi nilai-nilai konstitusi negara kita dalam melaksanakan aspek kegiatan dalam kehidupan Bernegara.

Selanjutnya mudah-mudahan kegiatan kali ini bisa menjadikan semangat dalam mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila. Pungkas Andri Adi.

Selanjutnya Rayhan Hidayatullah selaku Komandan Kodim 0711 kabupaten Pemalang menyampaikan, Apresiasi luar biasa untuk Nasihin selaku Kepala desa Widodaren dan Terima kasih banyak atas dukungan dari Pemerintah Daerah, Kecamatan, dan juga Desa setempat.

Baca juga:  Pertamina & Rumah Dahor Heritage Ikut Pameran Pekan Kebudayaan Daerah Kalimantan Timur 2022

Komandan Rayhan melanjutkan bahwa
Pada dasarnya tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah menjaga dan memelihara Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Dari Kajian yang ada dan memenuhi unsur-unsur dari program Kampung Pancasila, tentunya juga didukung oleh segenap unsur desa, unsur perangkat desa, masyarakat Widodaren dan juga dukungan dari pemerintah Kecamatan dan Forkopimcam maka dicanangkanlah Kampung Pancasila di desa Widodaren.

Dengan pencanangan kampung Pancasila adalah untuk mengukuhkan dan menjaga keutuhan Pancasila sebagai dasar Negara kita, semuanya kembali pada Pancasila.

Pancasila sebagai ideologi negara ini sudah final, dari founding father pendiri Negara bahwa Pancasila ini harus kita taati dan kita laksanakan, kita jaga sebagai point penting dalam kehidupan bernegara, sebagaimana termaktub dalam sila-sila Pancasila dari sila pertama sampai sila kelima dan juga butir-butir Pancasila.

Desa Widodaren ini adalah sebagai pilot project Kampung Pancasila karena memenuhi kriteria, dari mulai kondisi sosial masyarakat yang relevan untuk menjadi Kampung Pancasila.

Kegiatan ini nantinya juga akan berkembang ke Kecamatan kecamatan lain diseluruh Daerah Kabupaten Pemalang.

Hal serupa yaitu pencanangan Kampung Pancasila di empat belas Kecamatan lainnya di Kabupaten Pemalang. pungkas, Royhan hidayatullah.
(Eko B Art)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *