Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Mubar Inisiasi Pembentukan Forum PKP

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Mubar Inisiasi Pembentukan Forum PKP

Reporter: La Roni

MUBAR | Gerbang Indonesia – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), berinisiasi membentuk forum Perumahan dan Kawasan Permukiman (Forum PKP).

Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Mubar, melalui Kabid Pemukiman, Surachman mengatakan, dalam rangka pelaksanaan penanganan perumahan dan kawasan pemukiman di Mubar perlu dilakukan koordinasi antar lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan secara terpadu dan berkesinambungan.

” Untuk itu Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Muna Barat berinisiasi membentuk forum Perumahan dan Kawasan Permukiman (Forum PKP).Forum ini nantinya akan difalitasi pelaksanaannya oleh pokja PKP”,
Kata Surachman pada Senin, (5/9/2021).

Baca juga:  KPU Mubar Intens Update DPB

Lanjut Surachman, Forum PKP merupakan tindak lanjut ketentuan pasal 54 PP Nomor 14 Tahun 2016 tentang, penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman dan Pasal 14 ayat 4 Permen PU PR Nomor 12 Tahun 2020 tentang peran serta masyarakat dalam penyelenggaran perumahan dan kawasan permukiman, bahwa pemerintah daerah memfasilitasi pembentukan forum PKP melalui pokja PKP Kabupaten.

“Forum PKP insyaAllah akan segera kita selenggarakan dalam waktu dekat ini. Forum ini menjadi sangat strategis dan penting guna menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, membahas dan merumuskan arah pemikiran penyelenggaran PKP”, tuturnya.

Baca juga:  Kabag Pembangunan Mubar Targetkan Kepala OPD Kejar Ketertinggalan Serapan Anggaran Triwulan Pertama

Selain itu tambah Dia, Forum PKP, bertugas dan berfungsi untuk meningkatkan peran dan pengawasan masyarakat, termasuk memberikan masukan ke pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Forum ini nantinya direncanakan akan menghadirkan semua pemangku kepentingan dibidang pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di Muna Barat”, tambah mantan Kabid SDA PUPR Mubar ini.

Menurut Surachman Adanya forum PKP ini nantinya akan membantu pencapaian target RPD Muna Barat 2023-2026 khususnya dalam rangka memantapkan infrastruktur dan lingkungan untuk pendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

Baca juga:  Sedang Beroperasi, Penambang Emas Ilegal┬áMadina Ditahan Polisi

“Kita berharap nantinya dari forum PKP akan muncul daftar invetarisasi hambatan-hambatan dalam pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di Muna Barat, sehingga pada akhirnya akan melahirkan rekomendasi kebijakan yang dapat ditindaklanjuti oleh stakeholder terkait dan dapat menjadi dasar dalam perumusan program kegiatan dibidang PKP”, tuturnya.

“Kami yakin jika forum ini berjalan maka setiap hal yang berkaitan dengan pengembangan PKP di Muna Barat dapat ditindaklanjuti, guna menunjang pencapaian target RPD Muna Barat 2023-2026”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *