Disparpora Kabupaten Pemalang Menyelenggarakan Bimtek Sport Development Index Tahun 2022

Disparpora Kabupaten Pemalang Menyelenggarakan Bimtek Sport Development Index Tahun 2022

Pemalang, Gerbang Indonesia – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang menyelenggarakan acara kegiatan Bimtek SDI (Sport Development Index) tahun 2022.

Acara ini merupakan kegiataan pendataan untuk menentukan Indeks Pembangunan Olahraga di daerah Kabupaten Pemalang.

Acara kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan Kemenpora RI dan untuk kabupaten Pemalang terpilih menjadi random sampling dengan lima desa terpilih yaitu desa Randudongkal, Samong, Sima, Wangkelang dan Majakerta.
Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala Disparpora yang di wakili oleh Kepala Bidang pemuda dan olahraga di kantor Disparpora Pemalang. Selasa 21 Juni 2022.

Berkenaan dengan kegiatan SDI atau Indeks pembangunan olahraga ini, kami dari awak Media Gerbang Indonesia meminta sesi wawancara dengan Sandra Dewi Staf seksi olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Analis keolahragaan di kantor tempat tugasnya. Kamis 23 Juni 2022.

Baca juga:  Tabung Gas 3 kg meledak Tiga Orang Luka parah

Dalam keterangannya kepada awak media Sandra Dewi menyampaikan bahwa program kegiatan ini dari Kemenpora RI, dengan mengadakan pendataan secara Nasional, jadi di tahun 2022 ini kabupaten Pemalang terpilih sebagai random sampling di lima desa yang nantinya setiap desa akan melakukan pendataan, di mana disitu ada beberapa hal yang harus diukur.

Dari situ ada sembilan dimensi yang harus terukur, dan salah satunya adalah kebugaran, mendasari hal tersebut nantinya akan dipilih 30 responden, dan dari 30 responden itu nanti terbagi kategori sesuai usianya.

– Kategori yang pertama itu usia 10 tahun sampai 19 tahun.
– Kategori yang kedua usia 20 tahun sampai usia 44 tahun.
– Kategori yang ketiga itu usia 45 tahun sampai dengan 60 tahun.

Dari sampelnya itu nanti diambil kategori putra dan putri.
– Pertama Ada 3 Putra dan 3 Putri.
– Yang kedua itu 8 Putra dan 8 Putri.
– Yang terakhir kategori terakhir itu ada 4 putra dan 4 Putri.

Baca juga:  LARMGAK - Bersama Bendum HIPPMA Menyayangkan Permasalah Dalam Lapas Kelas IIB Lamongan

Dengan menggunakan alat test kebugaran yaitu menggunakan MSI (Multistage fitness indeks) test alat ukur yang dapat digunakan untuk kebugaran tubuh.

Adapun instrumennya itu dengan irama, di situ bisa menentukan level kita dalam berlari, dan semakin bagus levelnya itu berarti semakin tinggi VO2 (volume oksigen) nya maksimal.

Dari VO2 tersebut terlihat daya tahan Jantung Paru kita itu berada di level berapa.
Hasilnya bisa dilihat ditabel-tabelnya.

Setelah kita melakukan pendataan, kami laporkan hasilnya ke Kemenpora RI.
Dan hasinya akan muncul laporan Indeks Pembangunan Olahraga, nantinya hasil tersebut akan dibandingkan hasil tahun sebelumnya.

Harapannya dengan melihat hasil dari data SPI itu bisa menentukan Kebijakan dari Pemerintah Daerah dan Kemenpora RI agar lebih mudah dalam menentukan Kebijakan Olahraga.
Langkah selanjutnya arah dari pemerintah pusat adalah, kalau dari kita sendiri tahu tentang ukuran kebugaran, maka pengetahuan itu bisa memahami olahraga seperti apa sih yang sesuai ukurannya.

Baca juga:  Polres Toba Antisipasi Hal Kelangkaan Minyak Goreng

Harapannya Kalau nantinya dari Kabupaten Pemalang itu bisa diketahui, maka masyarakat akan lebih paham dengan olahraga dan masyarakat lebih mencintai olahraga, karena pada dasarnya Olahraga itu murah. Terang Sandra Dewi.
Selanjutnya Kustanto S.Sos selaku kepala bidang Pemuda dan Olahraga juga turut menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadikan semacam desain ataupun blue print dari sebuah pembangunan olahraga yang tepat, murah dan bisa meningkatkan kesehatan.

Secara teknis nantinya akan ada 15 orang tim pencacah yang terpilih, dan akan mencacah dari 30 responden yang menjadi random sampling dari program kegiatan ini.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur atau menilai tingkat kemajuan pembangunan olahraga di suatu daerah. Pungkas Kustanto.
(Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *