IPKDN Mubar Sukses Gelar Festival Budaya Muna

IPKDN Mubar Sukses Gelar Festival Budaya Muna

Reporter: La Roni

MUBAR | Gerbang Indonesia – Ikatan Pemuda Kreatif Desa Nihi (IPKDN) Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses menggelar Festival Budaya Muna.

Kegiatan Festival Budaya Muna ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Nihi kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat, pada Kamis (19/08/2022).

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Kepala Desa Nihi, Samsul dan
dihadiri berbagai elemen masyarakat Ketua BPD, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Masyarakat.

Ketua Panitia Festival Budaya Muna, Muhammad Arsat, dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemda Mubar, khususnya Pj. Bupati serta Pemdes, yang telah ikut berpartisipasi dan mensponsori kegiatan Festival ini.

Baca juga:  Carnaval Jajanan Pasar, untuk Melestarikan Budaya Lokal Desa Jambiarum Kecamatan Puger Kabupaten Jember

” Terimakasih pada Pj.Dr. Bahri yang telah berpastipasi pada kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Lanjut Dia, Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 8 sampai 19 Agustus 2022, yang di isi dengan berbagai kegiatan Festival yakni Perkelahian Kuda, Tari Linda, Silat muna, Modero, Gambus dan berbagai masakan Khas Muna.

” Selain kegiatan tadi, ada lomba mengaji, catur, domino dan langkalego dan masih banyak lagi kegiatan lainnya”, ucapnya.

Untuk pemenang lomba kata Dia, hadianya telah diberikan pada malam ramah tamah.

” Alhamdulillah hadiahnya sudah diterima oleh para juara tadi malam sekaligus kami adakan malam ramah tamah sebagai tanda penutupan kegiatan kami”, terangnya.

Baca juga:  Harga Tanah Hari Ini Di Kota Tangerang Selatan 2023

Sementara Kepala Desa Nihi, Samsul mengungkapkan rasa terimakasih dan apresiasi jajaran panitia kegiatan atas kegigihannya sehingga Festival Budaya Muna dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Samsul menjelaskan bahwa Festival Budaya Muna ini memiliki Tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kembali kesadaran terhadap nilai-nilai budaya yang hampir punah di zaman Modernisasi saat ini.

“Di tengah gempuran arus zaman sekarang ini, pentingnya kita harus menjaga dan merawat nilai-nilai budaya, saya kira ini adalah tugas pemuda, yang masih perduli dengan budaya kita,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Mantan Ketua IPKDN Muhammad Aswan berharap Semoga melalui kegiatan Festival Budaya Muna ini Pemuda maupun Pemudi yang ada di desa tidak ada lagi sekat atau perpecahan.

Baca juga:  Harga Motor Scoopy Di Kota Surabaya Terupdate

Saya tidak ingin lagi ada istilah anak atas, anak tengah atau anak bawah, seyogianya kita adalah satu apalagi dalam satu rumpun wilayah,” imbuhnya.

Untuk itu Aswan berharap di tahun berikutnya Kegiatan Festival Budaya Muna ini tetap dapat berjalan demi menumbuhkan rasa cinta dan kekompakan antar sesama dengan mengharapkan dukungan kepada semua elemen masyarakat terutama pemerintah Desa setempat.

” Pentingnya kita saling bekerjasama terutama dukungan dari pemerintah desa demi keharmonisan keluarga serta warga dalam sebuah desa,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *