Kabag Pembangunan Targetkan Laporan Proses Realisasi Anggaran OPD Tiap Awal dan Akhir Bulan

Kabag Pembangunan Targetkan Laporan Proses Realisasi Anggaran OPD Tiap Awal dan Akhir Bulan

Reporter: La Roni

MUBAR | Gerbang Indonesia – Kepala Bagian (Kabag), Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Bahar Budiman, menargetkan kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaporkan realisasi anggaran setiap awal dan akhir bulan.

Kata Dia setiap OPD akan melaporkan kegiatan realisasi anggaran paling lama tanggal 5 bulan berjalan dan kegiatan fisik pada akhir bulan berjalan.

” Misalnya Agustus kemarin, jadi realisasi anggaran dilaporkan paling lama tanggal 5 September, kalau fisik pada akhir bulan berjalan dan ini Saya sudah sampaikan sama pimpinan tentang target kami di bagian pembangunan” ungkapnya pada Rabu, (21/09/2022).

Baca juga:  Anak Yatim Piatu 11 Tahun Mengalami Lumpuh, Pemerintah Aceh Utara Tutup Mata

Bahar pun menyampaikan untuk menggenjot serapan anggaran Pj. Bupati Dr. Bahri telah melakulan rapat bersama kepala OPD untuk mengetahui OPD mana yang serapan anggarannya dibawah 50% agar dicarikan solusi.

” Misalnya di PUPR, dia kan salah satu OPD yang anggarannya cukup besar, tetapi disitukan ada dana PEN yang dibatalkan. Jadi porsi anggaran diperubahan pasti berubah. Makanya kegiatan tadi dinolkan otomatis tidak sebesar yang diinduk.” ujarnya.

Baca juga:  Kabag Pembangunan Mubar Targetkan Kepala OPD Kejar Ketertinggalan Serapan Anggaran Triwulan Pertama

Kata Dia, agar mempercepat proses kegiatan pada Dinas, Pak Bupati telah memerintahkan Pokja supaya ‘menjemput bola’ pada dinas-dinas yang memiliki kegiatan fisik.

” Untuk mempercepat proses kegiatan, Pokja diperintahkan Bupati ‘jemput bola’, jangan sampai mereka menunggu disahkan APBD-Perubahan. Prosesnya bisa untuk mempercepat pengadaan barang dan jasa, karena lelang butuh dokumen untuk proses lelang” tambahnya.

Baca juga:  Babinsa Koramil 03/Idanogawo dan Babinkamtibmas Polsek Idanogawo Monitoring Vaksinasi di SDN 076694 Hiliweto Gela Kec. Ulogawo

Terkait OPD yang memiliki kegiatan fisik yang punya kendala dilapangan, Mantan Kabid Cipta Karya PUPR Mubar ini mengharapkan agar selalu berkordinasi dengan bagian pembangunan.

” Kami mengharapkan pada OPD yang memiliki hambatan pada kegiatannya agar selalu berkordinasi dengan kami sebagai pengawas atau APIP”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *