Ketua PKK Hj. Hasnah Syam Pantau Pelayanan MKJP Rangkaian Hari Jadi Barru ke 62

Ketua PKK Hj. Hasnah Syam Pantau Pelayanan MKJP Rangkaian Hari Jadi Barru ke 62

Reporter: Andri

Barru | Gerbang Indonesia – Sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan kebutuhan akan kesehatan reproduksi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak maka pemerintah mencanangkan program Keluarga Berencana (KB).

Program KB merupakan program kegiatan promotif dan preventif yang terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. Pelayanan promotif dan preventif meliputi konseling dan penggunaan kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Baca juga:  Pertemuan Rutin PKK Kab. Barru, Hj. Hasnah Syam: Pertemuan Ini Momen Bertukar Informasi

Terkait hal itu, Ketu TP. PKK Kab. Barru drg. Hj. Hasnah Syam Pantau pelayanan program Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang digelar Dinas PMD PPKB dan PPPA bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang gelar di UPTD Puskesmas Soppeng Riaja, Jumat (13/03/2022).

Hj. Hasnah Syam menuturkan bahwa program MKJP ini merupakan metode kontrasepsi yang harus digalakkan karena efektifitasnya relatif lama antara tiga tahun sampai seusia hidup yang terdiri dari implan, Intra Uterine Device (IUD), Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP).

Baca juga:  DPD LSM BAKORNAS Kepulauan Nias Laksanakan Pembagian Masker di Wilayah Kota Gunungsitoli

” Saat ini masih banyak ibu-ibu yang menggunakan alat kontrasepsi jangka pendek, padahal alat KB jangka pendek risiko kegagalannya cukup tinggi. Untuk itu kami sarankan agar terus dilakukan edukasi terkait program ini ” ujarnya.

Ia juga berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi capaian target pelayanan KB di Kabupaten Barru.

Baca juga:  Pergerakan MPR Jadi Sorotan Masyarakat

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas PMD, Camat Soppeng Riaja, dan Kepala UPTD Puskesmas Soppeng Riaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *