Kolaborasi HIMPAUDI dan PKK Kecamatan Kemayoran Dalam Rangka Hari Anak Nasional Tahun 2022

Kolaborasi HIMPAUDI dan PKK Kecamatan Kemayoran Dalam Rangka Hari Anak Nasional Tahun 2022

Jakarta, Gerbang Indonesia – Dalam suasana Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2022 lalu. Himpaudi Kecamatan Kemayoran yang diketuai bu Putut Apriyani melakukan Kolaborasi dengan PKK Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional pada hari Rabu tanggal 3 Agustus 2022 di Area RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayaoran, Jakarta Pusat.

Dengan berbagai Acara Kegiatan seperti Bunda Paud Mendongeng dan Lomba Mewarnai Gambar menggunakan Jari atau yang dikenal dengan Finger Painting. Kegiatan tersebut sejalan dengan makna Hari Anak Nasional yaitu sebagai kepedulian terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara Optimal, caranya adalah dengan mendorong keluarga menjadi Lembaga pertama dan utama dalam memberi perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia serta cinta tanah air.

Cikal Bakal Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli awalnya di prakarsai oleh Presiden kedua Republik Indonesia Suharto yang mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) No.44/1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli, karena pada tanggal tersebut diselaraskan dengan disahkannya Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979 dengan tujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara yang ramah anak.

Baca juga:  Viral.....! Video Adegan Mesum Siswa SMPN 4 Baubau di Medsos

Acara Kegiatan yang berlangsung di Area RPTRA ini bertemakan, “Ciptakan Generasi Yang Kreatif, Kritis, Berkarakter Mulia Guna Meraih Cita-cita Gemilanf Bersama Generasi Emas” Turut dihadiri Camat Kemayoran yang dalam hal ini diwakili oleh Kasi Kesra bapak Radius, serta Ibu Camat Chudus Mariawati sekaligus sebagai Bunda Paud dan Penilik Paud dan Dikmas Kecamatan Kemayoran bapak Karmin, disamping itu juga hadir Ketua Himpaudi Jakarta Pusat ibu Erni Lisnawati Spd.MM, dan hadir pula beberapa Lurah di wilayah Kecamatan Kemayoran diantaranya M. Fauzi Lurah Harapan Mulya selaku tuan rumah lokasi Acara Kegiatan, serta para Kader Pokja PKK Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat.

Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya juga di isi dengan beberapa sambutan diantaranya dari Penilik Paud dan Dikmas Kecamatan Kemayoran bapak Karmin yang berpesan kepada orang tua agar anak sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD) harus melalui jenjang Paud, Untuk kedepan bagi anak yang akan masuk Sekolah Dasar wajib harus melalui Paud minimal Satu tahun atau boleh juga lebih,” ujarnya.

Baca juga:  Tujuh Unit Kios habis terbakar, 2 Unit Dirusak di Pajak Sipahutar Taput

Pada sambutan berikutnya dari Kasi Kesra yang mewakili Camat Kemayoran , yang sekaligus juga membuka Acara Kegiatan secara resmi menyampaikan harapan agar anak -anak dapat menggapai cita-citanya, Kita doa kan agar anak-anak kita mencapai cita-citanya untuk menjadi anak yang cerdas dan rajin ibadah,” imbuhnya.

Sebelum masuk pada Lomba Mewarnai Gambar dengan jari (Finger Painting) yang di ikuti oleh 44 Kelompok Paud dari 52 Kelompok Paud yang ada di Kecamatan Kemayoran, yang masing-masing Kelompok Paud mengirim 5 anak Paud, hingga jumlah peserta Lomba Mewarnai keseluruhan 220 anak Paud, terlebih dahulu di lakukan Dongeng Anak yang langsung dibawakan oleh Bu Camat Chudus Mariawati selaku Bunda Paud. Dongeng yang menceritakan tentang persahabatan tiga anak yaitu Yasmin, Adelia dan Putri yang mempunyai karakter berbeda antara sifat yang rendah hati dan sifat sombong tersebut adalah untuk memberikan edukasi dengan menyampaikan pesan moral kepada anak-anak, agar menjauhkan dari sifat sombong dan tetap rendah hati walaupun mempunyai prestasi yang tinggi.

Baca juga:  Kolaborasi KB Lintas Alumni SMA Negeri 5 Jakarta dan FK-LMK Kecamatan Kemayoran dalam Baksos Khitanan Massal

Di penghujung Acara pihak Juri yang notabene nya adalah Ketua Himpau di Jakarta Pusat Bu Erni Lisnawati S.Pd MM dan Bu Chudus Mariawati sebagai Bunda Paud Kecamatan Kemayoran memberikan hasil penilaian Lomba Mewarnai (Finger painting) kepada Panitia, yang selanjutnya mengumumkan pemenangnya untuk Juara Pertama dari Paud Anyelir Kelurahan Sumur Batu, sebagai Juara Kedua dari Paud Mawar Kelurahan Kebon Kosong dan Juara Ketiga kepada Paud Bunga Cempaka dari Kelurahan Cempaka Baru. Sedangkan untuk Juara Harapan Satu diperoleh Paud Dahlia, dan Juara Harapan Dua Paud Azelia, serta Juara Harapan Tiga Paud Melati Al Ikhlas. (Sugeng P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *