Lomba Finger Painting di Gelar Pokja Bunda PAUD Sebagai Rangkaian Hari Jadi Barru ke 62

Lomba Finger Painting di Gelar Pokja Bunda PAUD Sebagai Rangkaian Hari Jadi Barru ke 62

Reporter: Andri

Barru | Gerbang Indonesia – Sebagai salah satu rangkaian peringatan hari jadi Kab. Barru ke 62 tahun 2022, Pokja PAUD Kab. Barru menggelar lomba finger painting dengan mengangkat tema “bangkit bersama untuk mencerdaskan anak bangsa yang mandiri dan kreatif” yang digelar di Gedung Islamic Center Kab. Barru, Sabtu (19/02/2022).

Kegiatan lomba ini diikuti oleh berbagai lembaga PAUD yang ada di Kab. Barru.

Ketua Pokja Bunda PAUD drg. Hj. Ulfah Nurul Huda, Mars menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari jadi Kab. Barru ke 62.

“Kegiatan ini masuk dalam rangkaian peringatan hari jadi Kab. Barru ke 62. Selain itu Kegiatan ini dapat mengembangkan motorik halus dan mengembangkan kreativitas anak dalam berekspresi. Lomba ini juga mampu mewujudkan berbagai Ilustrasi Imajinasi anak-anak TK/PAUD dalam berkreatifitas dengan menggunakan jari mereka dengan menggunakan berbagai warna sebagai ciri khas keceriaan diri mereka pada masa usia Keemasan dalam perkembangan maupun tumbuh kembang anak. Selain itu, anak juga memperoleh pengalaman dalam membuat campuran dan memadukan warna-warna” pungkasnya.

Baca juga:  Kegiatan PBM Himpaudi Kecamatan Ampelgading Dimasa Pandemi

Sementara itu Bunda PAUD Kab. Barru Hj. Hasnah Syam mengapresiasi panitia lomba finger painting tingkat kabupaten barru yang dilaksanakan oleh pokja bunda paud kabupaten barru sebagai salah satu rangkaian memeriahkan peringatan hari jadi kabupaten barru yang ke 62 tahun 2022.

“Kegiatan ini sangat luar biasa. Dengan adanya kegiatan ini sehingga seluruh masyarakat bahkan anak-anak ikut berpartisipasi memeriahkan peringatan hari jadi Kab. Barru. Selain itu kegiatan ini mampu merangsang kemampuan sensori dan motorik halus pada anak. Anak masih polos dengan sikap kekanak-kanakan yang jauh dari sikap dewasa. Karenanya, saya berharap para pendidik hendaknya membina mereka untuk tumbuh dan berkembang menjadi yang terbaik untuk dirinya maupun orang lain” Ujar Bunda PAUD Hasnah Syam.

Baca juga:  Bupati Pemalang: Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2021

finger painting adalah suatu teknik melukis yang menggunakan jari-jari tangan sebagai kuasnya. Menurut penelitian bahwa kegiatan seni penting untuk perkembangan otak pada anak usia dini. menurut Roni Cohen Leiderman, ph.d., penulis buku let’splay and learning together kegiatan finger painting dengan edible point dapat bermanfaat untuk mengembangkan kemamampuan anak.

Ada tiga kemampuan yang ingin dicapai dalam lomba ini adalah :

Pertama: keterampilan sensori, yang dimaksud ketermapilan sensori adalah kemampuan anak menggunakan panca indera yang ada pada tubuhnya. melalui kemampuan ini mereka dapat menafsirkan apa yang ada disekitarnya dengan rangsangan dari indera mereka. finger painting dapat meningkatkan kemampuan penglihatan, sentuhan. karena dari proses melukis tersebut anak dapat belajar bagaimana warna bekerja, menemukan tekstur baru, dan juga membuat ruang bangun.

Baca juga:  Pengen Jadi Content Creator Keren?, Ikuti Startup Mahasiswa Ini !!

Kedua: keterampilan motorik halus. yang dimaksud dengan keterampilan motorik halus adalah keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dan tangan. manfaat finger painting salah satunya dapat meningkatkan kemampuan menggenggam anak, memperkuat otot tangan dan kestabilan postur.

Ketiga : mengembangkan mental dan kreatifitas yaitu menstimulasi kreatifitas dan imajinasi anak-anak juga dapat mengeksplorasikan diri tanpa kata-kata, selain itu ia juga dapat mengembangakan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa mereka, jika aktifitas ini dilakukan bersama orang lain.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kreatifitas berbanding lurus dengan intelegensi seseorang, maka finger painting dapat dijadikan suatu kegiatan yang membantu meningkatkan kecerdasan anak dalam perkembangan anak usia dini, cinta, perhatian, waktu, dan sentuhan kita semua dengan anak-anak kita adalah bagian terpenting dalam proses ini, maka untuk mewujudkan bentuk cinta pada anak usia dini, perlu aktualisasi dengan kegiatan lomba finger painting.(Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *