MD KAHMI Medan Bermaslahat untuk Umat

MD KAHMI Medan Bermaslahat untuk Umat

Reporter: Rudi Hartono

Medan | Gerbang Indonesia – Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Kota Medan, yang diwakili dr. Ade Taufiq, Sp.OG, selaku koordinator Kelurahan Binaan MD KAHMI Medan bekerjasama dengan Kantor Kecamatan Medan Marelan, dan juga pihak Auto 2000, yang ditujukan untuk seluruh kelurahan Medan Marelan, mengadakan bakti sosial kemasyarakatan yaitu; Vaksinasi Covid-19, Sunat massal, Infaq Al-Qur’an, Penanaman pohon, dan Pemeriksaan PAP SMEAR bagi seluruh warga masyarakat Medan Marelan yang terdaftar di panitia.

Foto: Ruang khitanan untuk anak-anak
Foto: Ruang khitanan untuk anak-anak

Acara di mulai dari pagi dan berlanjut sampai selesai. Pelaksanaan acara ini dilakukan di pelataran showroom mobil Auto 2000 yang terletak di Jalan Titi Pahlawan, kelurahan Medan Labuhan. Dari pagi hari sudah banyak masyarakat berkumpul mendaftar ulang untuk kegiatan Vaksinasi dan sunnat massal. Ratusan anak-anak dari 5 kelurahan Medan Marelan (Kelurahan Tanah 600, Rengas Pulau, Terjun, Paya Pasir dan Medan Labuhan) dan ratusan orang layak vaksin ikut tumplek mendaftarkan diri.

Baca juga:  Harapan Ketua POKJA Bunda PAUD Kab. Barru, Melalui SPM Pendidikan Anak Usia Dini di Kab. Barru Lebih Berkualitas

Panitia sudah siap siaga mengantisipasi ledakan warga yang menyerbu lokasi. Tampak di lokasi telah terpasang tenda layaknya tenda undangan yang nya telah tersusun ratusan bangku berjejer rapi. Di sisi kanan kiri terdapat meja pendaftaran dan di sisi dalam pinggiran showroom, terdapat beberapa ranjang untuk anak yang disunnat. Puluhan dokter juga telah disiagakan pihak MD KAHMI sebagai tenaga medis beserta para perawat.

Dari data yang diperoleh, terdapat jumlah dan kategori pelayanan sebagai berikut ini;

Kelurahan Medan Labuhan
-Vaksinasi berjumlah 148 orang.
-Khitanan Massal 40 orang.
-Pap Smear 15 orang.

Kelurahan dari Rengas Pulau
-Vaksinasi berjumlah 120 orang.
-Khitanan Massa 20 orang.
-Pap Smear 10 orang

Kelurahan Terjun
-Vaksinasi berjumlah 100 orang.
-Khitanan Massal 15 orang.
-Pap Smear 9 orang.

Kelurahan Tanah 600
-Vaksinasi berjumlah 80 orang.
-Khitanan Massal 15 orang.
-Pap Smear 9 orang.

Kelurahan Paya Pasir
-Vaksinasi berjumlah 52 orang.
-Khitanan Massal 10 orang.
-Pap Smear 7 orang.

Baca juga:  DPD IPK Labusel Menggelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Puluhan Siswa/i SMA & SMK

Secara total di peroleh angka untuk vaksinasi sebesar 500 orang. Untuk kegiatan khitanan massal 95 anak. Untuk Papa Smear berjumlah 50 orang.

Istilah Pap Smear merupakan prosedur pengambilan dan pemeriksaan sampel sel dari leher rahim, untuk melihat ada tidaknya kelainan yang dapat mengarah kepada kanker serviks. Pemeriksaan itu perlu dilakukan berkala, sesuai dengan usia dan faktor resiko yang dimiliki. Pemeriksaan Pap Smear perlu dilakukan secara dini untuk mencegah dan mengetahui secara dini apakah setiap wanita usia subur dan normal “mengalami” kanker serviks.

Para pengunjung dan peserta bakti sosial duduk dengan rapi menunggu antrian. Anak-anak yang khitanan massal juga dipanggil beberapa orang memasuki ruang khitan yang telah disediakan. Tampak rasa penasaran dan keingintahuan anak-anak membuat sedikit tegang. Suara-suara kesakitan dan wajah pucat yang keluar dari ruang khitan terlihat jelas, sehingga anak-anak yang belum masuk ragu-ragu.

Baca juga:  Kades Terpilih Sampaikan Pidato "Ini Adalah Wujud Kemenangan Bersama Untuk Seluruh Warga Desa Kelang Depok"
Keterangan foto: Para peserta mulai dari vaksinasi, khitanan dan pemeriksaan Pap Smear berkumpul di tempat yang disediakan
Keterangan foto: Para peserta mulai dari vaksinasi, khitanan dan pemeriksaan Pap Smear berkumpul di tempat yang disediakan

Terlihat para perawat dan dokter medis serta bidan berupaya menenangkan anak-anak dengan humor dan membuat suasana serileks mungkin Agar anak-anak tidak tegang menghadapi khitanan. Di sisi lain, panggilan antrian vaksin memasuki ruang vaksin. Rata-rata pelaksanaan vaksin terampil dan cekatan, hingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk di suntik.

Tampak hadir para petugas dari kepolisian dan pamong praja mengamankan situasi jika dianggap diperlukan. Perwakilan pihak MD KAHMI dan perwakilan pihak Kecamatan ikut menyaksikan acara demi acara. Begitu juga kerumunan wartawan ikut menyemarakkan suasana dengan aktivitasnya. Para undangan dan tokoh masyarakat hadir turut serta menyaksikan acara.

Acara selanjutnya adalah program pemberian infaq Al-Qur’an kepada majelis taklim dan majelis pengajian dan beberapa mesjid dan musholla sumbangan dari para donatur yang terkumpul di MD KAHMI. Selepas itu dilanjutkan pula program penanaman pohon di luar lokasi yaitu beberapa titik tertentu yang telah ditetapkan dekat pesisir. (Rudi Hartono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *