Musyawarah Kerja Kelurahan Utan Panjang Kemayoran Jakarta Pusat Tahun 2022

Musyawarah Kerja Kelurahan Utan Panjang Kemayoran Jakarta Pusat Tahun 2022

Reporter: Sugeng P

Jakarta | Gerbang Indonesia – Musyawarah Kerja Kelurahan merupakan salah satu bentuk Forum untuk berbagai elemen dalam satu gugus wilayah atau Kelurahan .Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 18 sampai dengan 19 Juni 2022 telah diselenggarakan kegiatan Musyawarah Kerja ( Musker ) Kelurahan Utan Panjang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat di daerah kawasan gunung Geulis Rizen Kedaton Resort Bogor Jawa Barat .

Kegiatan Musker yang di ikuti 227 peserta ini melibatkan dari berbagai unsur seperti RT , RW , LMK , FKDM , Kader PKK dan Dasawisma serta ASN Kelurahan Utan Panjang . Acara yang berlangsung dua hari ini juga dihadiri oleh Lurah Utan Panjang bapak Amadeo dan Sekkel Nino Ardiansyah serta Bripka Tedy Kurniawan selaku Binmaspol dan pak Heri beserta pak Sitorus selaku Babinsa , disamping itu turut hadir juga Dewan Kota ( Dekot ) perwakilan Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat bapak Nasirman Chaniago . Selaku Nara Sumber hadir pula bapak Fakhrudin dari Bina Kelembagaan Kota Jakarta Pusat , yang sekaligus membuka Acara Musyawarah Kerja secara resmi serta menyampaikan Sosialisasi Peraturan Gubernur ( Pergub ) yang baru Nomor 22 tahun 2022 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga yang launching pada tangal 17 Mei 2022 , menggantikan Pergub Nomor 171 Tahun 2016 tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

Baca juga:  Regulasi Terkait Bangunan tanpa SLF

Yang paling mendasar perbedaan dari Pergub 171 tahun 2016 sebelumnya dengan Pergub 22 tahun 2022 yang baru adalah pada masa bakti , yaitu pada Pergub 171 tahun 2016 Masa Bakti RT dan RW selama 3 tahun , sedangkan pada Pergub 22 tahun 2022 Masa Bakti RT dan RW menjadi 5 tahun.

Dalam paparan nya yang lain bapak Fakhrudin selaku Nara Sumber juga menjelaskan perbedaan Pergub yang lama dengan yang Pergub yang baru terletak pada jenjang Pendidikan Calon Ketua RT dan RW , secara gamblang beliau memaparkan , “ Bagi calon ketua RT maupun RW jika ingin mendaftar minimal pendidikan harus Sekolah Menengah Atas atau sederajat “. Ulasnya.

Baca juga:  Holding RS BUMN Selesaikan Pembangunan Rumah Sakit Otak dan Jantung Pertama di Indonesia Timur

Dalam sambutannya Lurah Utan Panjang bapak Amadeo juga menyinggung Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah ( PGJSS ) dalam menyambut Jakarta Hajatan Tahun 2022 yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai tanggal 20 – 25 Juni 2022 , “ Nanti kedepan kita akan bentuk Bidang Pengelola Sampah atau BPS disetiap Rw “. Kilahnya.

Pada kesempatan yang sama bapak Lurah Utan Panjang yang dikenal dekat dengan masyarakat ini tak lupa menyampaikan apresiasi kepada Dewan Kota yang turut membantu demi sukses terlaksananya kegiatan Acara Musker Kelurahan Utan Panjang, beliau mengatakan,” Saya selaku Lurah mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan yang diberikan bapak Dewan Kota pada Acara Musker ini sehingga terlaksana dengan baik“. Ungkapnya.

Baca juga:  Gubernur Jawa Tengah "Kelak Saat Pendidikan Dijadikan Sebagai Panglima, Itulah Saatnya Indonesia Menjadi Negeri Adidaya"

Dewan Kota Kecamatan Kemayoran Nasirman Chaniago yang juga diberi kesempatan untuk memberikan sambutan dan arahan dihadapan para peserta Acara Musker memberikan pemahaman akan fungsi dan tugas Rt dan Rw secara garis besar adalah tidak jauh dari Pelayanan, Pembinaan dan Pembangunan .

Adapun Binmaspol dan Babinsa yang berperan dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban lingkungan masyarakat, juga memberikan kata sambutannya mengenai Keamanan lingkungan yang dalam hal ini diwakili oleh bapak Sitorus selaku Babinsa Kelurahan Utan Panjang berencana akan membentuk Tim Patroli Lingkungan, beliau mengatakan,” Kita akan membentuk Tim Patroli lingkungan diwilayah untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja oleh sebab itu saya mohon dukungan dari para Ketua Rw ketika kami mengunjungi Posko – Posko Keamanan,” pintanya. ( Sug.P )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *