Pembahasan Rapat Kerja Lanjutan Pansus IV DPRD Kabupaten Pemalang

Pembahasan Rapat Kerja Lanjutan Pansus IV DPRD Kabupaten Pemalang

Pemalang, Gerbang Indonesia – DPRD Kabupaten Pemalang kembali menggelar agenda rapat kerja lanjutan Pansus IV bersama OPD terkait perihal Pembahasan Raperda terkait :

1. Raperda tentang Pengarusutamaan Gender
2. Raperda tenttang perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Pemalang nomor 18 tahun 2016 tentang pengelolaan barang milik daerah di Kabupaten Pemalang tahun 2022.

Sesaat setelah selesainya rapat yang di Pimpin oleh Edi Susilo, SH. selaku Wakil Ketua Pansus IV DPRD Kabupaten Pemalang, kami dari awak media meminta sesi wawancara untuk perihal dua agenda rapat tersebut. Sabtu 18 Juni 2022.

Kepada awak media Edi menyampaikan bahwa Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, memang ada pembahasan yang rigid pasal demi pasal, dan kalau untuk yang pembahasan perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Pemalang nomor 18 tahun 2016, jadi perubahan tersebut yang kaitannya dengan penggunaan pemanfaatan aset milik daerah itu hanya merubah yang lama yang lama nomor 18 tahun 2016 itu hanya menyesuaikan dengan peraturan menteri, berarti kita hanya menyesuaikan saja.

Baca juga:  Pemerintah Desa Citeureup Khitan 85 Warga Anak Yatim

Secara khusus untuk yang Raperda Pengarusutamaan Gender pada prinsipnya, ya mengangkat derajat kaum perempuan supaya bisa setara dengan kaum laki-laki, dan itu sebetulnya sudah banyak implementasinya, sudah banyak dilaksanakan, seperti contohnya, misalnya pada pemilu yang sudah berjalan, Pemilu kemarin-kemarin pun juga sudah dilaksanakan 30% unsur perempuan kan harus terpenuhi, alhasil kalau tidak terpenuhi ya dikembalikan kepada keputusan yang ada diantaranya itu.

Baca juga:  Pemerintah Kecamatan Ampelgading Tindaklanjuti Distribusi Disinfektan Untuk Seluruh Pemdes se-Kecamatan

Kemudian yang lain lagi, juga diperlukan peran serta seluruh pihak, jadi bukan hanya OPD yang terkait, tapi juga masyarakat, juga memerlukan termasuk dalam anggaran OPD yang terkait, kita upayakan supaya bisa memfasilitasi pelaksanaan Perda tersebut.

Dan untuk selanjutnya sosialisasi melalui kegiatan kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan kaum perempuan itu juga kita masukkan di situ, termasuk sosialisasi sosialisasi di tengah masyarakat yang memang untuk menyampaikan bahwa kesetaraan gender perempuan itu harus kita laksanakan bersama-sama, untuk itu kepada seluruh masyarakat mari kita sama-sama mendukung dan mensupport sekaligus melaksanakan raperda yang sudah kita buat, yang sudah kita bahas bersama, yang nantinya akan kita tetapkan menjadi Perda.

Baca juga:  Keputusan Sekretaris Daerah Tentang Informasi Yang Dikecualikan Pemerintah Kabupaten Pemalang

Yakinlah bahwa itulah Kami yang ada di DPRD sebagai fungsi Legislasi dan hal tersebut akan kita manfaatkan betul betul sepenuhnya bukan hanya untuk kemajuan Pemerintah Daerah saja, akan tetapi juga untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya.
Perubahan undang-undang itu dalam Pansus IV, semuanya diterima dan sudah di sepakati, itu berarti sudah sama-sama menjadi upaya Kita semua dalam ikut membangun kabupaten Pemalang melalui Perda Pengarusutamaan Gender, Pungkas Edi Susilo.
(Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *