Pencapaian Kerja Tahun 2021 Pemerintah Desa Babakan dan Pemerintah Desa Ampelgading

Pencapaian Kerja Tahun 2021 Pemerintah Desa Babakan dan Pemerintah Desa Ampelgading

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Dari perolehan cakupan Vaksin hingga perolehan target pembangunan mewarnai keadaan dari kondisi dua desa yang berbeda, perolehan trend positif pembangunan tetap ada sekalipun fase ditahun 2021 masih dengan konsentrasi penanggulangan dampak Covid 19 yang menjadi Pandemi semenjak tahun 2019.

Kami Dari Media Gerbang Indonesia melakukan sesi wawancara secara marathon pada dua tempat dari Pemerintah Desa tersebut, Selasa 28 Desember 2021.

Kami dari awak media mengkonfirmasi perolehan Kinerja Pemdes diwilayah Kecamatan Bodeh. Adalah Bapak Kustoni BR, SH. Selaku Kepala Desa Babakan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. “Dengan nada Keterbukaan dan Optimis Pak Kustoni menyampaikan Perolehan Kinerja Pemdes Babakan di tahun 2021.

Foto; Bapak Kustoni BR SH, Kepala Desa Babakan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang
Foto; Bapak Kustoni BR SH, Kepala Desa Babakan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang

” Desa Babakan di tahun 2021 sekarang memang, masih ada konsentrasi bersama untuk mengatasi wabah covid 19. Kegiatan ini adalah upaya Pemerintah Pusat untuk menghindarkan masyarakat dari virus 19, dan kegiatan Program yang bergulir salah satunya adalah pelaksanaan Vaksinasi Massal. Dalam hal pelaksanakan kegiatan vaksinasi melibatkan seluruh masyarakat dan Pemerintah desa, dan target perolehan cakupan vaksinasinya agar perolehan angka 70% dari semua komunitas masyarakat agar bisa mendapatkan pelayanan dan pemberian Vaksin. Bahkan komunitas masyarakat itu sudah harus wajib vaksin, dengan demikian diharapkan ada kekebalan komunal, kekebalan kolektif di lingkungan masyarakat di berbagai tingkatan.

Alhamdulillah sampai pertengahan Desember ini, kami Pemdes Babakan sudah mencapai perolehan target Vaksin 70% lebih, dari total seluruh warga kurang lebih sekitar 1390 orang, sudah divaksin sementara sisanya kurang lebih sekitar 511 sisanya, dan itu terdiri dari utamanya adalah anak-anak usia enam tahun yang masih bersekolah di TK maupun di SD. Dan selanjutnya InsyaAllah untuk besok Rabu 28 Desember 2021 menjadi hari terakhir pelaksanaan Vaksinasi di desa kami. Tentunya Kami dari pihak Pemdes akan mengundang seluruh warga kami yang belum tervaksin, harapannya itu bisa maksimal bisa hadir sehingga dengan demikian pencapaian cakupan target 90% bahkan lebih bisa terpenuhi.

Baca juga:  Bupati H. Zukri Misran Resmi Melantik 62 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak

Selanjutnya di tahun 2021 ini Pemerintah Desa Babakan masih menangani penyelenggaraan dampak Covid yang berupa beragam jenis jenis bantuan yang digulirkan dari Program program Pemerintah Daerah, Propinsi bahkan Pemerintah Pusat.

Selanjutnya menyisakan anggaran yang ada di konsentrasikan untuk melanjutkan program-program pembangunan fisik, diantaranya ada, program SPAL (saluran pembuangan air limbah) ini dibuat di beberapa titik, dan selanjutnya juga pelaksanakan pengecoran jalan desa sebagai sarana transportasi masyarakat, sebagai kemudahan akses mobilitas masyarakat. Selain itu ada juga pembuatan Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) Alhamdulillah sampai hari ini sudah hampir 90% mudah-mudahan sampai tanggal 30 Desember bulan ini bisa selesai, sebab pemasangan sambungan rumah rumah sebanyak 120 unit, dan sampai saat ini berdasarkan konfirmasi dari tim di lapangan sudah mencapai 70 unit sambungan sudah terpasang, jadi masih ada sekitar 50 unit sambungan lagi yang belum dipasang, dan itu akan diselesaikan secepatnya sebelum awal tahu 2022, namun demikian dalam beberapa hari terakhir sampai tanggal 30 Desember tahun ini juga masih ada pekerjaan fisik yang insyaAllah dalam waktu duabelas hari lagi targetnya sudah bisa terselesaikan. Pada prinsipnya kita tidak ingin menyisakan program pekerjaan tahun 2021 sampai melampaui tahun 2022, kita upayakan bersama pekerjaan program tahun 2021 ditargetkan tuntas.

Informasi tambahan lainnya bahwa di dalam tahun 2021, desa Babakan tidak ada pekerjaan program RTLH (rumah tinggal layak huni), sekalipun tahun ini secara khusus kemarin kita diminta dan kita sudah mengajukan tapi konon kabarnya karena Recofusing dan hal lain-lainnya jadi tidak ada kabar lanjutannya dari stakeholder terkait.
Tapi mudah-mudahan di Tahun 2022, InsyaAllah kita bisa dapat dengan melihat arah kepentingan fungsinya dan peruntukannya. Secara jelasnya jadi dana desa di tahun 2021 ini final sampai 100% selesai, yang artinya tidak ada program yang terbengkalai, semuanya kita fungsikan lengkap sebesar-besarnya untuk pelaksanaan semua program program yang ada.

Baca juga:  Stunting Kalau Dibiarkan Akan Menjadi Beban Negara, Karena Generasi Kedepan Menjadi Tidak Produktif

Saya bangga kepada seluruh tim Pemdes dan masyarakat desa Babakan, bahwa akhir tahun 2021 ini formasi jabatan perangkat desa Babakan lengkap, sebab hari Kamis kemarin tanggal 23 Desember 2021 kita melantik tiga orang perangkat desa, dari mulai Posisi Kaur keuangan, kasi pelayanan dan kepala dusun dua, sehingga hari ini kita sudah lengkap dan tentunya pelayanan kepada masyarakat dari Tim Pemdes akan semakin optimal dan mudah-mudahan visi misi saya selaku kepala desa, tinggal separuh perjalanan ke depan InsyaAllah betul-betul bisa terwujudkan. Pungkas Pak Kustoni.

Selanjutnya masih di hari yang sama, kita bergeser kewilayah Kecamatan Ampelgading.
Kami dari awak media Gerbang Indonesia Menemui Bapak Suparto selaku Kepala desa Ampelgading Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.

Foto: Bapak Suparto. Kepala Desa Ampelgading kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang
Foto: Bapak Suparto. Kepala Desa Ampelgading kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang

Dengan Nada Ramah namun Pasti. Pak Suparto memberikan Informasi capaian Kerja Pemdes Ampelgading tahun 2021. “Pemerintahan desa Ampelgading ditahun 2021 telah mengawal pelaksanaan Pembangunan Nasional adalah Pembangunan Rest Area Km 19 yang sedang berjalan, tentunya Pembangunan Rest area ini sesuai dengan salah satu trend program dari Bupati, yaitu Koin (Kota Industri). Pembangunan besar ini tentunya secara otomatis nantinya akan bisa menaikkan UMKM khususnya diwilayah Ampelgading, dan secara umum juga di daerah Kabupaten Pemalang. Pembangunan masih terus berlangsung, dengan demikian dengan berjalannya proses Pembangunan rest area ini juga melibatkan tenaga kerja wilayah setempat. Target dari Pembangunan rest area ini, untuk Idhul Fitri tahun 2022 akan segera difungsikan, seperti yang disampaikan oleh pihak Rosalia Indah. Kami dari Pihak Pemdes Ampelgading berharap demikian. Semoga proses pembangunan juga berjalan lancar sesuai target, dan sepertinya upaya percepatan pengerjaan pembangunan rest area ini sudah dijalankan dari pihak Rosalina Indah. Bagaimanapun juga dengan percepatan ini nantinya juga akan menyerap para pedagang dan bisa menambah atau menaikkan perekonomian di desa kami dan sekitarnya.

Baca juga:  Kami Selalu Berupaya Untuk Mendengar Aspirasi Masyarakat, Agar Bisa Bersama-sama Mewujudkan Pembangunan di Desa Cibuyur

Dan sebagai upaya dukungan program Bupati selanjutnya adalah Dedi (Desa Digital) tentu kita memahami bersama bahwa zaman sekarang yang namanya internet atau yang lebih kerennya disebut Era Digital sudah menjadi kebutuhan prinsip dalam percepatan sistem informasi di segala bidang.
Khusus untuk Program desa digital nanti kami akan sinergikan dengan BUMDES (badan usaha milik desa) sebagai mitra bersama Pemdes dalam proses keberlanjutannya. Program Desa digital tentu bisa menjadi nilai tambah dan progres bagus dalam proses berjalannya pembangunan didesa kami.

Selanjutnya dengan Program Dewi (Desa Wisata) untuk sementara memang belum, akan tetapi kami selaku Pemdes tetap ingin mendukung program ini bisa bergulir di desa Ampelgading. Kami justru masih konsentrasi mengkaji dan mencari lokasi yang tepat untuk pelaksanaan program tersebut. Informasi penting lainnya adalah bahwa di tahun 2021 ini, konsentrasi kita tidak jauh dari penanganan covid 19, vaksinasi yang masih bergulir dan tidak hanya di desa Ampelgading tentunya, bahkan ini skala Nasional. Alhamdulillah sampai dengan minggu ketiga di bulan Desember perolehan cakupan target vaksinasi di desa Ampelgading sudah mencapai angka 90% lebih, jadi dukungan penuh dengan program vaksinasi ini memang menjadi konsentrasi serius di tahun 2021, tentunya keberhasilan program vaksin ini untuk mengembalikan kondisi keamanan dan kesehatan bersama segenap masyarakat desa Ampelgading khususnya dan juga Kabupaten Pemalang pada umumnya.

Dan untuk hal-hal lain yang menyangkut pembangunan di tahun 2021 ini, tidak terlepas dari kegiatan yang berbasis dampak covid 19, beberapa anggaran yang ada memang mengcover pada kegiatan kegiatan yang terkait dengan Pandemi Covid. Pungkas Pak Suparto dalam wawancara singkat dengan Media Gerbang Indonesia.
(Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *