Perguruan Taman Siswa Jakarta Memperingati Hari Guru Nasional

Perguruan Taman Siswa Jakarta Memperingati Hari Guru Nasional

Jakarta | Gerbang Indonesia – Hari Gunu Nasional yang jatuh pada hari Jum’at tanggal 25 Nopember 2022 serentak dirayakan diberbagai sekolah baik dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, termasuk Perguruan Taman Siswa Jakarta yang berlokasi dijalan Garuda Nomor 25 Kemayoran Jakarta Pusat.

Sekolah yang terbilang cukup lama ini dan sudah banyak dikenal dimasyarakat luas mencakup dari tingkat Sekolah Dasar ( Taman Muda ), Sekolah Menengah Pertama ( Taman Dewasa ) dan TKME ( Taman Karya Madya Ekonomi ) dengan jumlah siswa keseluruhan mencapai hampir dua ribuan siswa ini, juga merayakan Hari Guru Nasional yang di awali dengan Upacara Hari Guru Nasional ( HGN ) yang petugas Upacaranya langsung dilakukan oleh seluruh para Guru, dan sebagai Pembina Upacara adalah Ki Sugeng Pramono yang notabene nya Pimpinan Yayasan atau Ketua Majelis Cabang Tamansiswa Jakarta turut berperan membacakan Teks Pancasila pada Upacara Hari Guru tersebut.

Ki Sugeng Pramono Ketua Majelis Cabang Taman Siswa Jakarta ditengah para Guru
Ki Sugeng Pramono Ketua Majelis Cabang Taman Siswa Jakarta ditengah para Guru

Dalam sambutannya Ki Sugeng Pramono menjelaskan tentang sejarah Guru dari masa pemerintahan Hindia Belanda hingga adanya Hari Guru Nasional beliau mepaparkan,” bermula dari terbentuknya Perkumpulan Guru Bantu sampai berdirinya Persatuan Guru Indonesia ( PGI ) yang kemudian menjadi lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI pada tanggal 25 Nopember 1945 yang kemudian diperkuat dengan Keppres ( Keputusan Presiden ) Nomor 78 Tahun 1994 sehingga ditetapkan tanggal 25 menjadi Hari Guru Nasional, paparnya.

Disela -sela sambutannya Ki Sugeng Pramono selaku Pembina Upacara memberikan Quiz atau pertanyaan kepada siswa kenapa tanggal 25 Nopember ditetapkan sebagai Hari Guru, yang kemudian dijawab dengan benar oleh salah satu siswa yang berani tampil kedepan, beliau pun akhirnya memberikan selembar uang Seratus Ribu Rupiah sebagai bentuk apresiasi kepada siswa tersebut, yang kita adalah lihat adalah keberanian siswa ini untuk tampil didepan “. Ujarnya.

Baca juga:  Eksistensi TK/TPQ Al Furqam di Usianya yang ke 13 Tahun
Pentas Seni Siswa Taman Siswa
Pentas Seni Siswa Taman Siswa

Pada kesempatan yang sama Pembina Upacara juga memberikan pesan sebagai motivasi kepada Guru dalam menjalankan tugas sebagai Guru atau Pendidk, untuk tetap mempunyai Komitmen, Dedikasi yang tinggi dalam pengabdiannya, serta berkeinginan untuk memajukan kehidupan berbangsa dan juga harus senang menjadi seorang Guru.

Dalam menghadapi murid pun juga harus dengan senyum disamping juga harus menambah kemampuannya dengan semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani, jelasnya.

Kepada siswa pun Pembina Upacara berpesan kepada siswa peserta Upacara agar jangan melihat kepada bapak ibu Guru kesalahan nya saja tetapi lihat bagaiman semangat mereka para Guru dalam mendidik siswa, pesannya.

Baca juga:  Siswa - Siswi PAUD Dahlia dan Kelompok Bermain Diajari PBB Oleh Koramil 06/Bodeh

Selepas Upacara kegiatan berikutnya adalah pemotongan Tumpeng sebagai bentuk penghargaan kepada Guru yang biasa dikenal sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan Pentas Seni ( Pensi ) oleh para siswa sebagai bentuk Kreativitas dan Inovasi dalam mengembangkan bakat dan potensi para siswa, ini sesuai dengan Tema Hari Guru Nasional tahun 2022 yakni Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar. Dengan Tema tersebut diharapkan keberhasilan Penyelenggaraan Kebijakan dan Program Pembangunan Nasional di bidang Pendidikan sangat ditentukan oleh Partisipasi serta Kontribusi Guru sebagai Pendidik dan Pengajar.

Makna Tema Hari Guru tersebut juga memberikan ruang kesempatan para Guru untuk melakukan Inovasi dalam proses belajar mengajar sehingga melahirkan anak didik yang lebih Kreatif, lebih Mandiri dan mampu bertarung dalam pertarungan dunia Global. ( S. Purwadi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *