PJ. Bupati Mubar, Bantah Tolak Usulan Naskah Sejarah Mubar Rumusan Andi Muna Cs

PJ. Bupati Mubar, Bantah Tolak Usulan Naskah Sejarah Mubar Rumusan Andi Muna Cs

Reporter: La Roni

MUBAR | Gerbang Indonesia – Prenjabat (Pj) Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar) Bahri membantah menolak rancangan naskah sejarah pembentukan Kabupaten Muna Barat yang dirumuskan oleh Laode Andi Muna cum suis(Cs).

Pernyataan itu diungkapkan Bahri saat ditemui di Desa Lindo Kecamatan Wadaga pada Selasa, 5 Juli 2022.

“Saya bukannya menolak naskah sejarahnya versi seseorang ya, saya hanya katakan naskah sejarah yang ada saya minta pak Sekda ditelaah dan dibahas lagi dengan tokoh masyarakat,” ungkap Bahri.

Baca juga:  BNI Cabang Ketapang Sampang Relokasi Kantor Lama, Bangun Baru yang lebih Besar dan Luas

Ia hanya menginginkan naskah sejarah pembentukan Kabupaten Muna Barat diceritakan secara utuh yang digambarkan ibarat pohon yang terdiri dari akar, batang, dahan, ranting, daun, bunga dan buah.

“Yang kita gambarkan bukan hanya bicara bunga atau buah tapi utuh artinya lebih kependekatan yuridis atau formal hukum, kan sudah ada undang-undangnya,” jelasnya.

Ia menuturkan naskah rumusan sejarah tidak “mengkultuskan” orang per orang tetapi berbicara perjuangan bersama masyarakat Muna Barat untuk membentuk Kabupaten ini.

“Mana bahasa saya menolak. Memang ada usulan tapi usulan itu akan ditelaah dan didudukkan bersama tokoh masyarakat khususnya tokoh pemekaran. Jadi kita tidak bicara pengkultusan atau mengedepankan seseorang, nanti akan dibahas dan diputuskan bersama bahwa sejarah ini akan kita luruskan kita sesuaikan dengan fakta yang ada menjadi sejarah singkat pembentukan Kabupaten Muna Barat dan akan dibacakan pada saat HUT Mubar 23 Juli mendatang,” lanjutnya.

Baca juga:  Fraksi PKS Upayakan Pengentasan Anak Tidak Sekolah di Pemalang dalam Rapat Paripurna Tentang APBD Kabupaten Pemalang Tahun 2023

Bukan hanya itu, Bahri juga akan merancang dan membentuk perda terkait hal-hal mendasar seperti lambang daerah, mars dan Hymne Kabupaten Muna Barat.

“Kita akan diskusikan dulu terkait itu dengan Pak Sekda, anggota DPR, dan tokoh-tokoh masyarakat ya,” jelasnya.

Untuk diketahui pada hari Senin 4 Juli 2022, Andi Muna telah menyerahkan naskah sejarah pembentukan Mubar pada Kabag. Pemerintahan Setda Mubar yang merupakan hasil dari pertemuan pada Tanggal 2 Juli 2022.

Baca juga:  Jelang Hari Raya Idul Adha, Pj. Bupati Mubar Cek Harga Sembako

Andi Muna juga meminta pada Pemerintah Daerah untuk mengundang semua masyarakat yang tahu tentang sejarah pembentukan Mubar agar didudukan bersama supaya sejarah pembentukan Mubar lebih lengkap. (La Roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *