Program GURUWARSA Desa Sambeng Kecamatan Bantar Bolang Kabupaten Pemalang

Program GURUWARSA Desa Sambeng Kecamatan Bantar Bolang Kabupaten Pemalang

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Desa Sambeng Kecamatan Bantar Bolang kabupaten Pemalang terletak di daerah Pemalang wilayah Selatan.

Desa Sambeng terkenal sekali dengan budayanya gotong-royong, hal ini terlihat dari kegiatan hampir di setiap minggunya masyarakatnya desa Sambeng bersama-sama membersihkan lingkungannya masing-masing, sehingga kondisi lingkungan desa Sambeng terlihat sangat bersih. Melansir dari Tayangan YouTube Desa Sambeng di channel MTV Jateng.

Untuk mencari tahu lebih banyak tentang kondisi desa Sambeng, Saya akan bertanya langsung perihal tersebut dengan kepala desa setempat., Sabtu 10 September 2022.

Adalah Slamet Khasani selaku kepala desa Sambeng, dalam keterangannya kepada Media Slamet Hasani menyampaikan bahwa desa Sambeng Kecamatan Bantar Bolang berada di wilayah perbatasan dengan wilayah kecamatan Randu Dongkal, jadi akses jalan sering dilalui oleh pengendara bermotor karena letaknya di penghubung antar Kecamatan, sehingga dapat diandalkan sebagai jalur alternatif untuk mempersingkat waktu perjalanan.

Baca juga:  Puncak Perayaan HUT Bhayangkara ke-76 Polsek Makassar Menggelar Syukuran Dihalaman Kantornya

Desa Sambeng memiliki dua dusun yakni dusun Sambeng Utara dan dusun Sambeng Selatan, dan mayoritas penduduk desa setempat bermata pencaharian sebagai petani.

Kebersamaan Kami pihak Pemdes dan Masyarakat dalam membangun kemajuan Desa setempat, kami mempunyai program GURU WARSA (Guyub Rukun Warga Sambeng).

Hal ini kami laksanakan tentunya untuk mewujudkan visi dan misi desa Sambeng sejahtera dan berdaya saing dengan desa lainnya, terutama di sektor pertanian dan sektor wisata pertanian dan sektor pariwisata.

Dan untuk kedepannya kami rencanakan untuk pembangunan wisata desa, dan sementara ini baru kita bangun jalur akses jalan.

Arah pembangunan Wisata desa nantinya untuk memberikan edukasi/pendidikan kepada masyarakat, anak-anak agar mereka tahu cara bercocok tanam.

Baca juga:  Warga Baubau Miliki Rumah Harus Sediakan Sumur ResapanĀ 

Jadi nantinya pembangunan Wisata desa ini arahnya pertanian akan tetapi tidak menghilangkan fungsi sawah yang ada di desa Sambeng.

Pada kondisi Pertanian di desa Sambeng jauh dari pemukiman, dan untuk irigasi untuk pengairan sawah juga banyak kendala, kita coba perbaikan irigasinya untuk para Petani desa Sambeng.

Dan untuk kondisi jalan Gang gang di desa Alhamdulillah semua sudah kita perbaiki.

Kita juga sudah membuat jalan desa lingkar Barat dan Timur, tujuannya agar nantinya akses lebih mudah.

Potensi Pemuda juga kita berdayakan, dan salah satunya Olahraga (Sepak bola), sebab Sepak bola merupakan Olahraga yang murah, menyehatkan dan semua umur suka Sepakbola.

Lapangan yang ada kita rencanakan bangun untuk multifungsi, ada untuk tracking jalan-jalan dan sarana umum lainnya.

Baca juga:  Kami Resah, Jalan Kami Kapan di Perbaiki

Desa sambeng mempunyai prinsip yang kuat bahwa Kebersihan merupakan bagian dari Keimanan.

Berangkat dari hal tersebut muncullah program kegiatan GURU WARSA Guyub Rukun Warga Sambeng, yang mana berisi agenda bersih-bersih desa setiap seminggu sekali dan agenda bersih-bersih ini bersifat wajib bagi seluruh warga Sambeng.

Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mempererat tali silaturahmi, untuk membuat desa Sampeng yang bersih dan nyaman.

Dengan banyaknya Pembenahan di berbagai bidang, melalui Program GURU WARSA ini dijadikan program Andalan desa Kami.

Dukungan dan Support dari masyarakat berkenaan dengan Inovasi dan program GURU WARSA ini bertujuan untuk kebaikan dan kesehatan bersama, menjadikan lingkungan desa menjadi bersih tentunya akan membuat seluruh warga masyarakat nyaman dan Sehat,” pungkas Slamet Khasani. (Eko B Art)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *