Safari Ramadan Bersama Bupati Pemalang di Masjid At Taqwa Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal

Safari Ramadan Bersama Bupati Pemalang di Masjid At Taqwa Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Acara kegiatan safari Ramadan bersama Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo ST MSi dan Tim Penggerak PKK kabupaten Pemalang, Forkopimda Pemalang beserta Jajaran Kepala OPD kabupaten Pemalang di Masjid At Taqwa Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal. Sabtu 23 April 2022.

Begitu Bupati Pemalang tiba di Masjid At taqwa Kelurahan purwoharjo Kecamatan Comal, Bupati langsung menyerahkan santunan kepada Anak yatim-piatu dan lansia bersama dengan tim penggerak PKK Kabupaten Pemalang.

Setelah acara santunan selesai dilanjutkan dengan doa futur dan berbuka bersama, selanjutnya salat Maghrib berjamaah dan diteruskan dengan ramah tamah.

Memasuki waktu Isya Bupati dan rombongan melaksanakan salat Isya dan salat tarawih berjamaah lalu dilanjutkan dengan acara pemberian bantuan dari Baznas berupa uang tunai kepada pondok pesantren tahfidz Quran Ibnu Khudzaifah RT 2 RW 9 Surodadi, Madrasah Salafiyah RT 8 MP4 RW 4 balutan purwoharjo, TPQ Al itqon RT 8 RW 4 balutan purwoharjo, Masjid Attaqwa RT 2 RW 9 kelurahan purwoharjo Kecamatan Comal.

Selanjutnya juga ada bantuan dari Kemenag Kabupaten Pemalang melalui unit pengumpul zakat (UPZ) kepada Marbot masjid Attaqwa kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal kepada dua orang Marbot yaitu Bapak Turah No dan Bapak Bolken.

Selanjutnya penyerahan bantuan dari dinas sosial melalui APBD tahun 2002 kepada penyandang disabilitas permanen dan juga bantuan bencana tidak terduga (korban bencana tahap pertama Tahun 2022) kepada Ibu Rosmawati Desa Susukan RT 2 RW 2 Kecamatan Comal untuk kasus bencana kebakaran rumah.

Dan untuk piagam penghargaan donor darah sebanyak 25 kali dari PMI Kabupaten Pemalang diberikan kepada bapak Sigit dan ibu Miatun.

Dalam kesempatan tersebut pengurus Masjid bapak Hadi Slamet Kastolani menyampaikan kesan bahagia dengan hadirnya Mas Bupati di Masjid Attaqwa ini.

Baca juga:  Bupati Pemalang Meresmikan Revitalisasi Los Pasar Tradisional Bantarbolang Dan Lounching E- Retribusi dan Qris

Masjid ini berdiri dari tahun 1923 dan umur masjid ini artinya sudah 99 tahun, Organisasi kemasyarakatan Islam yang masuk dalam kepengurusan Masjid Attaqwa di Dusun Surodadi ini adalah organisasi Muhammadiyah, tepatnya Pada tahun 1953, dengan masuknya organisasi Muhammadiyah ini menjadikan Masjid Attaqwa lebih terawat bangunan dan juga menunjang segala aktifitas kegiatan di lingkungan Masjid Attaqwa.

Pada Kisaran tahun 1968 organisasi Muhammadiyah mendirikan kegiatan pendidikan atau amal usaha di bidang pendidikan untuk berupaya mencerdaskan generasi bangsa Indonesia, maka didirikanlah SD Muhammadiyah Comal dengan mendapatkan tanah wakaf dari bapak Kalali dari dusun Surodadi, dan pembangunam sekolah tersebut sekarang namanya SD Muhammadiyah 01 Comal, dan selanjutnya seiring dengan perkembangan zaman pada masa sekarang ini, Organisasi Muhammadiyah ini akan melanjutkan pembangunan SD Muhammadiyah 01 Comal menjadi dua lantai dan juga akan dilanjutkan pembangunan berkala yaitu pondok pesantren tahfidz Quran Ibnu Khudzaifah, demikianlah sekelumit dari kegiatan kepengurusan Muhammadiyah yang ada dan yang masuk dalam kepengurusan Masjid At Taqwa Kelurahan purwoharjo Kecamatan Comal.

Dengan demikian kita membuka upaya bersama untuk memberi ruang kepada para dermawan dalam dalam ber amal jariyah dalam pembangunan dua kegiatan ini, tentu Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan memberikan pahala yang terus mengalir selama kegiatan pembelajaran di sekolah dan pondok pesantren ini masih berlangsung. Pungkas Kastolani.

Masih dalam kesempatan yang sama, Bupati Pemalang yang akrab disapa Mas Agung menyampaikan apresiasi luar biasa kepada segenap pengurus dan juga masyarakat Dusun Surodadi Kelurahan purwoharjo Kecamatan Comal.

Kami disini hadir bersama-sama dengan Forkopimda dan kepala OPD serta anggota DPR yang hadir bersama-sama kami di Masjid Attaqwa ini.

Artinya ketika Kami hadir ke seluruh daerah Kabupaten Pemalang dan juga seluruh wilayah kecamatan agar mengerti situasi dan kondisi masyarakat dan juga hal-hal yang ada di lapangan.

Baca juga:  Ratusan Pemuda Lawa - Wadaga Berikrar Menjadi Relawan Yayasan Gerakan Mubar Tumbuh

Dan ketika kita tahu bahwa kultur di Dusun Surodadi ini dalam beberapa meter ada bangunan Klenteng yang menjadi cagar budaya dan juga ada bangunan Gereja cukup menegaskan bahwa kehidupan di Dusun Surodadi sudah mencerminkan budaya nilai-nilai luhur Kampung Pancasila, dengan demikian Kita patut Peduli dan Bangga dengan kondisi yang ada.

Dan satu hal yang menarik pada kunjungan kami di sini Kami menggunakan pakaian dengan kombinasi celana dan sarung, yang biasanya orang hanya memakai sarung ya sarung saja ataupun celana ya celana saja, tapi kami hadir menggunakan kombinasi pakaian dari keduanya, hal ini juga sudah kami Perlihatkan pada rakor tingkat Provinsi bahwa pakaian ini menjadi pakaian khas adat Kabupaten Pemalang dan hal ini juga langsung di apresiasi baik oleh Gubernur Jawa Tengah.

Kepada seluruh warga Dusun Surodadi semoga semuanya diberi kesehatan, diberi kekuatan lahir batin, dan Kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa semoga kita semua menjadi orang-orang yang bertakwa dan mendapatkan Ridho dari Allah Swt dalam setiap langkah dan juga apa yang kita kerjakan.

Kami sangat berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat, karena semuanya apa bersama-sama bisa menciptakan situasi yang kondusif, aman dan terkendali. Sehingga pelaksanaan kegiatan ibadah di bulan Ramadhan semuanya tidak ada masalah, ini berkat kerjasama yang baik dari seluruh warga masyarakat baik yang muslim maupun non-muslim, semua saling menghormati saling menjaga sehingga kita bisa merasakan kenyamanan beribadah di bulan puasa Ini.

Dengan setiap kehadiran Kami di setiap Wilayah Kecamatan, ternyata Pemalang punya ciri khas tersendiri, punya potensi sendiri dan antusias warga juga sangat luar biasa.

Kami berterima kasih atas penyambutan terhadap kami dan harapan kami, mari kita tingkatkan lagi apa yang ada, dan barangkali dalam hal kunjungan Kami ada yang kurang berkenan, kami juga mohon maaf.

Baca juga:  Bupati Pemalang Menerima WTP Atas LHP LKPD Kabupaten Pemalang Tahun 2021 Dari BPK RI

Kami bersama-sama Forkompinda dan OPD sengaja datang untuk melihat langsung, sehingga banyak masukan masukan terhadap kami, termasuk kondisi jalan yang memang belum bisa teratasi Semua, untuk itu kami mohon kesabaran buat semuanya.

Hal ini tetap menjadi Prioritas kami, tetapi karena situasi kondisi APBD yang belum bisa mengatasi semuanya, Kami mohon maaf, mohon kesabaran dan dukungan doa supaya ke depannya Kami bisa melaksanakan apa yang jadi harapan seluruh warga masyarakat Kabupaten Pemalang.

Kegiatan Tarhim (Taraweh dan silaturahim) bukan hanya kegiatan seremonial bertepatan dengan bulan Ramadhan saja, ini adalah bagian termasuk dari kegiatan Misi Visi Pemalang Agamis, dan merupakan kegiatan dari program Dewi (Desa wisata) Desi (Desa Sinergi) Dedi (Desa digital).

Dengan demikian kita bisa melihat potensi-potensi yang berkaitan dengan program unggulan Pemalang tersebut.

Dalam beberapa hal kami bisa tahu juga situasi kondisi di sana Apakah jaringan Internetnya lancar atau ada kendala, kita juga tahu potensi yang perlu dikembangkan perlu ditingkatkan lagi dan ternyata Pemalang ini punya tanah yang subur gemah ripah Loh jinawi, tinggal perlu kita tingkatkan lagi dan Ayo kita sama-sama supaya ini semua bisa lebih berkembang lagi dan lebih dikenal lagi oleh masyarakat secara umum.

Dan dengan hadirnya Kami di semua tempat di wilayah kabupaten Pemalang, kami juga melihat SDM dari Kabupaten Pemalang juga luar biasa, dan ternyata banyak tokoh-tokoh dari daerah-daerah di Pemalang juga banyak yang sudah apa ya istilahnya GO Nasional, dan ini adalah nilai esensi kekayaan Penting Pemalang untuk Mewujudkan Pemalang AMAN Adil Makmur Agamis dan Ngangeni. Pungkas Mas Agung(Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *