Sekda Barru Membuka Acara Sosialisasi DBH CHT

Sekda Barru Membuka Acara Sosialisasi DBH CHT

Barru, Gerbang indonesia – Tahun 2022 ini Kabupaten Barru mendapatkan alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) melalui APBD Perubahan sebanyak Rp.199.842.000,- yang dialokasikan kepada bidang Kesejahteraan Masyarakat, Penegakan Hukum dan Kesehatan. Sebagai informasi DBH CHT merupakan Bagian dari transfer ke Daerah yang dibagikan kepada Provinsi Penghasil cukai dan/atau Provinsi Penghasil tembakau sebesar 2% dari penerimaan cukai, Pungkas Sekda Barru saat membacakan sambutan mewakili Bupati Barru pada acara Sosialisasi Pelaksanaan Ketentuan di Bidang Cukai Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) Tahun Anggaran 2022 yang digelar di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kab. Barru, Senin (21/03/2022).

Baca juga:  Pengurus RW13 Kelurahan Depok, Gandeng DKUM Kota Depok Ciptakan Peluang Usaha Mandiri di Situ Rawa Besar

Ia juga menyebutkan bahwa DBH CHT tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan antara lain
1. Peningkatan kualitas tanaman tembakau seluas
24 Hektar di Desa Lempang dan Desa Lompo Tengah Kecamatan Tanete Riaja dan Program Pembinaan Lingkungan Sosial yaitu Bantuan bibit/ benih/ pupuk dan/ atau sarpras produksi kepada petani tembakau dalam rangka diversifikasi tanaman.
2. Sosialisasi Penegakan Hukum DBH CHT di 7 Kecamatan
3. Pengumpulan informasi peredaran barang kena cukai ilegal dan operasi bersama Pemberantasan barang kena cukai ilegal di Kecamatan Balusu dan Kecamatan Mallusetasi.
4. Pelayanan kesehatan dan penyediaan sarana prasarana kesehatan yaitu pengadaan bahan pakai habis dan pengadaan alkes ke Puskesmas.

Baca juga:  Respon Cepat, Bupati Barru Perintahkan Dinas PUĀ  Perbaiki Jembatan Pesse Tanete Riaja

Kegiatan ini disambut baik oleh Sekda Barru Abustan untuk mendukung Pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau sehingga program Peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan dan percepatan pemulihan perekonomian di daerah dapat tercapai.

Kepada peserta sosialisasi, saya minta mengikuti dengan baik apa yang dipaparkan oleh Narasumber. Dalam mendukung pemanfaatan DBH-CHT tentu membutuhkan pengetahuan yang menyeluruh atas hukum dan perundang-undangan yang mendasarinya sehingga pemangku kepentingan dan masyarakat dapat bersinergi untuk bersama-sama dalam memerangi hadirnya rokok ilegal, meningkatkan kualitas kesehatan dan Peningkatan Perekonomian Daerah, Ujarnya.

Baca juga:  DWP Kabupaten Barru Peringati Dirgahayu Ke-22

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Selatan.

Hadir Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan dr. Since Erna Lamba, SP, MP, yang juga selaku narasumber, Koordinator Sarana Perekonomian dan SDA Prov. Sulawesi Selatan Drs. Aziz Bennu, MM, Pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama Kantor Bea Cukai Parepare Firman, SH. (Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *