SMP Swasta Nusa Timur Fatuleu Laksanakan ANBK 2022

SMP Swasta Nusa Timur Fatuleu Laksanakan ANBK 2022

Reporter: Yurry Tse

Fatuleu | Gerbang Indonesia – Sebanyak 25 orang peserta didik kelas VIII SMP Swasta Nusa Timur mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang berlangsung selama dua hari yaitu sejak tanggal 19 sampai tanggal 20 September 2022.

Diketahui pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan di ruangan kelas komputer milik SMP Swasta Nusa Timur Kecamatan Fatuleu, Kelurahan Camplong 1, Kabupaten Kupang
Senin, 19 September 2022.

Terpantau kegiatan ini berjalan dengan baik karena peserta didik sudah dilatih secara serius selama kegiatan Gladi bersih ANBK yang dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 13 September 2022 lalu.

Afret Isak Banani, S.Sos. selaku kepala sekolah SMP Swasta Nusa Timur, kepada media Gerbang Indonesia menjelaskan bahwa seiring dengan perkembangan ilmu dan pengetahuan yang begitu pesat, Kemajuan teknologi semakin canggih proses ilmu pembelajaran memudahkan kita untuk selalu bangkit dan mengikuti zaman pendidikan modern,” jelas Afret.

Baca juga:  Plt Bupati Pemalang Berharap Proses Pembelajaran PAUD Menjadi Lebih Menyenangkan, Kreatif, Inovatif dan Adaptif

Lebih lanjut beliau menuturkan bahwa dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia perlu adakan kegiatan ini karena diketahui Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah penilaian terhadap mutu setiap sekolah,” tuturnya.

Untuk mutu pendidikan kata Afret dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Simulasi dan pelaksanaan Asesmen tidak ada kendala kata proktor SMP Negeri Swasta Nusa Timur Yaneldo Y Reyani kepada media ini.

Peserta didik ANBK semua nya kelas VIII sementara itu, adapun kegiatan ANBK dilaksanakan dengan menggunakan metode of line dan Jumlah peserta didik yang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebanyak 25 orang siswa dan di bagi dua sesi yang di dampingi guru sebagai pengawas.

Baca juga:  Padati BRI Labuhanbatu, Orangtua Murid SD Buka Rekening Untuk Program BSM Dari Pemerintah

Untuk Metode ujiannya dilaksanakan dua sesi,yakni sesi pertama 15 orang siswa dan sesi kedua 10 orang siswa karena harus di sesuaikan dengan perangkat komputer yang di miliki Yayasan SMA Pahlawan Bintang Timor sebanyak 15 unit.

Dalam kesempatan tersebut kepala sekolah SMP Swasta Nusa Timur, Afred Isak Banani,S.Sos juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Yaneldo Y Reyani selaku Proktor dan kepada Marthen Pello,S.Pd selaku teknisi serta kepada para guru SMP Swasta Nusa Timur yang telah berjuang mempersiapkan semua kebutuhan ANBK tahun di SMP Swasta Nusa Timor Fatuleu untuk peserta didik menjalankan kegiatan dimaksud, mulai dari gladi bersih hingga pelaksanaan ANBK ini berakhir.

Sementara itu, Marthen N Pello selaku teknisi ANBK SMP Swasta Nusa Timur mengakui bahwa selama kegiatan berlangsung tidak ada kendala dari segi fasilitas, karena fasilitas komputer cukup baik dan lancar.

Baca juga:  Beasiswa Ujung Negeri, Meratakan Akses Pendidikan Tinggi ke Wilayah Terluar

Dari pantauan media dan komunikasi dengan beberapa guru pengawas mereka juga mengakui bahwa siswa sangat senang adanya ANBK ini dimana dengan adanya ujian tersebut peserta didik bisa belajar mengenal mengoperasikan komputer sejak dini untuk proses ke jenjang menegah atas.

Sementara itu, Yaneldo Reyani selaku proktor ANBK SMP Swasta Nusa Timur menjelaskan bahwa dari simulasi hingga ANBK dilaksanakan sampai hari ini tidak ada kendala pada peserta didik bahkan yakin akan selesai besok dengan lancar dan sukses

Ia mengaku bahwa semua peserta ujian sangat disiplin dengan waktu sesi of line yang sudah dibagikan, sehingga proktor maupun teknisi ANBK tidak kewalahan mengatur Peserta didik,” tutupnya. (Yurry Tse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *