Workshop untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan Himpaudi se-Jakarta Pusat

Workshop untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan Himpaudi se-Jakarta Pusat

Reporter: Sugeng.P

Jakarta | Gerbang Indonesia – Pendidikan di Era Digital merupakan pendidikan yang harus mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam seluruh mata pelajaran. Dengan berkembangnya Pendidikan Era Digital maka memungkinkan peserta didik mendapatkan pengetahuan yang cepat dan mudah.

Untuk meningkatan Kapasitas dan Kualitas SDM bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( PTK ) PD Himpaudi Jakarta Pusat berkomitmen mengadakan Pelatihan yang bertempat di Aula JP 2 Gedung D Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat lantai 8 pada tanggal 11 Agustus 2022, dengan Tema Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud Dalam Mengembangkan Kreativitas Gerak lagu dan Bercerita.
Perhelatan Workshop yang di motori oleh ibu Erni Lisnawai S.Pd MM selaku ketua Himpaudi Jakarta Pusat, di ikuti oleh 80 peserta PTK Paud yang tersebar di Delapan Kecamatan yang ada di Jakarta Pusat, dengan masing-masing setiap Kecamatan mengirimkan perwakilannya 10 orang peserta Workshop, dengan diperbantukan sekitar 20 orang dari pengurus Himpaudi Kota dan Cabang seluruh Kecamatan di Jakarta Pusat.

Baca juga:  Pendidikan Anak Usia Dini dari Kelompok Bermain Muslimat NU Nurul Huda Karangtalok, Tetap Membangun Anak Berprestasi di Masa Pandemi

Acara Workshop tersebut dibuka langsung oleh Bu Sekko Walikota Jakarta Pusat yang mewakili Bunda Paud Kota Administrasi Jakarta Pusat yang berhalangan hadir.

Dalam acara ini juga mengundang dua Pembicara sebagai Nara Sumber yang akan menyampaikan beberapa Materi Pelatihan, yang pertama dari Dinas Pendidikan Drs.Arif Nasdianto MPd. MM dengan membawakan materi Pembuatan Dongeng Digital dan yang kedua Hj.Suryani Tholib S.PdI,.MM yang juga sebagai ketua PW Himpaudi Provinsi DKI Jakarta dengan materi Gerak dan Lagu.

Baca juga:  UPER Gandeng UTP Malaysia dan UI, Luncurkan Program Gelar Sarjana Dobel

Di samping itu hadir juga para Penilik dari setiap Kecamatan dinas Pendidikan Jakarta Pusat.
Acara Pelatihan dimulai dengan materi dan Praktek Gerak dan Lagu yang di pandu oleh Hj. Suryani S.PdI .MM dan dibantu oleh seorang instruktur yang di ikuti oleh seluruh peserta.

Pada sessions kedua materi Pembuatan Dongeng Digital disampaikan oleh Drs. Arif Nasdianto MPd.MM dengan menjabarkan Dongeng dalam bentuk digital sebagai media bercerita. Beliau mengatakan Langka awal yang perlu disiapkan sebelum membuat Cerita Digital adalah, Komputer atau Laptop, Jaringan Internet, Sistem Windows 2010 sampai dengan 2019, juga Pastikan Aplikasi Powerpoint dan Gambar Kartun atau Real,” jelasnya.

Baca juga:  Universitas Pertamina Siapkan Lulusan Untuk Isi 45 Posisi di Pertamina Grup

Selanjut dikatakan yang perlu dilakukan lagi adalah harus ada Gagasan atau Ide, yang bertujuan untuk membuat Judul dan membuat Sinopsis atau Cerita Pendek. Dalam proses selanjutnya dengan Pemograman sebagai Langkah untuk membuat Alur Cerita dengan Power Point, Rekaman Suara, Pembuatan Video dan Pembuatan Youtube,” ungkapnya. (Sugeng.P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *