Dukung Pemerintah Capai Target 30 Juta UMKM Go Digital di 2024, Pertamina Selenggarakan Webinar Nasional Go Digital

Dukung Pemerintah Capai Target 30 Juta UMKM Go Digital di 2024, Pertamina Selenggarakan Webinar Nasional Go Digital

Jakarta, Gerbang Indonesia – Pembatasan terhadap aktivitas masyarakat di luar rumah masih terus dilakukan. Situasi ini berdampak pada transisi perubahan perilaku masyarakat dengan munculnya fenomena ‘belanja online’. Meskipun dalam kondisi keterbatasan, para pelaku usaha kecil diharapkan dapat memanfaatkan kondisi ini menjadi sebuah peluang agar terus tumbuh.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi sekaligus memberikan kemudahan akses pemasaran terhadap UMKM, Rumah BUMN (RB) Pertamina menyelenggarakan Webinar Nasional Go Digital sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Pemerintah untuk mencapai target 30 juta UMKM Go Digital di tahun 2024 pada Rabu (2/3).

Bentuk kegiatannya berupa kombinasi strategis antara Sharing Session bertajuk “Transformasi UMKM Naik Level” dengan menghadirkan Coach Sigit Sulistianto (Business Coach & Business Development Director) & Agus Lindriyanto (Fasilitator Rumah BUMN Palangakaraya) serta Webinar Talk bertajuk “Meningkatkan Penjualan Dengan Digital Marketing” bersama Suryaddin Laodang (Digital Marketer & Founder Kampus Dosen Jualan).

Baca juga:  Pertamina Apresiasi Kepolisian dan TNI Menangkap Oknum Penyalahgunaan Solar Bersubsidi 

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman menjelaskan program RB merupakan sebuah langkah kolaborasi BUMN dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sejak Tahun 2016. “Pertamina memiliki komitmen kuat untuk terus mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia,” ujarnya. Salah satu wujud kepedulian tersebut adalah melalui pembinaan UMKM di Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Tanah Air dengan mengadakan Webinar Nasional Go Digital bertajuk “Transformasi Digital UMKM Naik Level”.

Baca juga:  Anaknya Lolos menjadi TNI AD, Ibu Fresklindo Ndruru Adakan Acara Do'a Bersama, Sebagai Bentuk Rasa Syukur

“Saya berharap agar kedepannya Pertamina tetap membantu menyongsong masa depan perdagangan berbasis digital melalui program – program bermanfaat yang aplikatif untuk menaikkan omset penjualan UMKM,” ujar Samuel Tooy, perwakilan UMKM dari RB Minahasa Selatan

Manfaatnya RB sudah dirasakan oleh lebih dari 10.600 UMKM dengan penyelenggaaan lebih dari 1.600 pelatihan di tahun 2021. Kini RB Pertamina telah memiliki 3.681 UMKM Go Digial. Kedepannya Pertamina di bawah arahan Kementerian Koperasi dan UMKM akan fokus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Rumah BUMN agar target Pemerintah pada tahun 2024 dapat tercapai.

“Webinar Nasional Go Digital ini akan rutin dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Stake holder Lokal dimana Rumah BUMN berada, seperti Pemerintah daerah, Pegiat Usaha / Pelaku Bisnis, Para akademisi, Media Massa, komunitas, Publik Pemerhati UMKM, UMKM Binaan Pertamina dan UMKM non-Pertamina, serta masyarakat umum,” tutup Fajriyah.

Baca juga:  Mahasiswa Gen Z Beri Solusi Untuk Genjot Produksi Gas Bumi

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program-program UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energy yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMKM naik kelas dan Go Global.(Deni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *