Peringatan Idul Adha : Wujud Syukur Serta Ketaqwaan

Peringatan Idul Adha : Wujud Syukur Serta Ketaqwaan

Balikpapan, Gerbang Indonesia – Keluarga besar PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bersama masyarakat Kota Balikpapan memperingati hari raya Idul Adha 1443 H. Peringatan ditandai dengan melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H bersama di Lapangan Merdeka. (Minggu, 10/07).

“Hari ini umat Muslim di seluruh dunia merayakan momentum sukacita melalui keindahan berbagi, dengan hewan kurban sebagai simbol kebersamaan sekaligus wujud rasa syukur serta terhadap Allah SWT,” kata Ketua Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh dalam sambutannya.

Dia menyampaikan harapannya agar nilai-nilai yang diajarkan melalui peringatan Idul Adha menjadi panduan dalam kehidupan sehari hari. “Semoga nilai-nilai ketakwaan dan keikhlasan yang telah ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dapat kita implementasikan dalam konteks kehidupan saat ini, di mana jiwa berkurban secara ikhlas sesuatu berharga yang kita miliki untuk membantu sesama, serta demi kemajuan bangsa dan negara,” ajaknya.

Baca juga:  Untuk Ketahanan Pangan, Posyandu Ria Manuntung Gelar Pelatihan Urban Farming

Abdulloh mengajak umat yang hadir untuk mendoakan para jemaah Haji Indonesia yang merayakan Idul Adha di tanah suci. “Kita ikut bergembira bahwa setelah 2 tahun jamaah haji Indonesia tidak dapat diberangkatkan akibat pandemi, tahun ini akhirnya sudah mulai dapat diberangkatkan, di antaranya sejumlah 241 orang merupakan jamaah haji asal kota balikpapan,” katanya.

Baca juga:  Personel Polres Humbahas Pam Ibadah Jumat Agung di Gereja, Pastikan Berjalan Aman

Selain itu, Dia juga mengajak untuk bersama-sama mendoakan agar Kota Balikpapan mendapatkan perlindungan, masyarakatnya senantiasa rukun dan bersatu, diberikan kelancaran dalam pembangunannya menjadi penyangga ibu kota negara, sekaligus menjadi rumah yang nyaman dihuni, memberikan kesejahteraan, serta menjadi berkah bagi semua orang.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Idul Adha 1443 H PT KPI Unit Balikpapan yang juga merupakan Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) RU V Balikpapan M. Alaiddin menyampaikan bahwa tahun ini jumlah hewan kurban yang terkumpul mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga:  Pelita Air Service Siap Masuki Bisnis Penerbangan Regular, Datangkan Airbus 320

Jumlah hewan kurban yang dikumpulkan mencapai 149 ekor dengan perincian hewan kurban sapi sebanyak 123 ekor serta kambing sebanyak 22 ekor. Hewan kurban ini berasal dari 911 orang dan mustahik sebanyak 8.251 orang.

“Jumlah daging bersih yang akan dihasilkan estimasi mencapai 9.689 kilogram dan rencana didistribusi mencakup masyarakat disekitar wilayah operasi Pertamina Balikpapan, Lembaga-Lembaga masyarakat pembinaan diseluruh wilayah di Kota Balikpapan,” tutup Alaiddin.(Dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *