Bimtek Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Satpol PP yang Tangguh

Bimtek Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Satpol PP yang Tangguh

Reporter: Arifin

Kupang | Gerbang Indonesia – Bimtek sebagai upaya pembentukan karakter Satpol PP yang tangguh untuk lebih memantapkan karakter kepribadian dan wawasan Kesamaptaan serta kemampuan dalam mengantisipasi setiap permasalahan terkait penegakan perda. Satpol PP Kota Kupang melalui bidang Sumber daya aparatur (SDA) bekerjasama dengan Binmas Polres Kupang Kota. Menggelar Bimtek yang rencana akan dilaksanakan dari Rabu 1 sampai dengan Jum’at 3 Desember 2021 bertempat di aula Satpol PP Kota Kupang, (1/12/2021).

 

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man.
Dengan diikuti oleh peserta yang terdiri dari 40 anggota satpol PP kota Kupang. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembekalan terhadap anggota, dalam kesiapan melaksanakan tugas dilapangan.

Baca juga:  Pertamina Siap Melayani di Setiap Jalur Mudik
Foto: Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man
Foto: Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, Wawali berpesan agar setiap anggota yang menjadi peserta dalam bimtek ini benar-benar memanfaatkan momen kegiatan ini, untuk menambah wawasan dalam pembentukan karakter sebagai bagian aparatur penegak perda yang juga notabene bagian dari alat negara.

” Namanya saja Satuan Polisi Pamong Praja, jadi harus diingat ada kata Polisi disitu, jadi harus benar benar dalam menjalankan tugas dilapangan sudah dilandasi oleh sikap dan karakter seorang Penegak Hukum, dalam hal ini penegakan perda yang harus senantiasa dikawal pelaksanaannya di lapangan ” ungkap Wawali.

Baca juga:  Gelar Bedah Rumah di Utan Panjang Kemayoran Oleh BAZNAS Bazis Jakarta Pusat

Lebih lanjut Wawali juga mengingatkan Bahwa seperti diketahui bahwa karakter masyarakat itu bermacam-macam, terkadang cenderung melawan atau susah diajak untuk patuh, nah disinilah peran dari anggota Satpol PP dituntut untuk bisa bersikap tegas.

” Kalau menghadapi masyarakat yang cenderung membangkang ya harus tetap ditertibkan, harus bisa tegas, tapi tetap humanis dalam tata cara penyampaiannya ” tambah Wawali.

Kegiatan yang direncanakan dilaksanakan selama tiga hari berturut turut ini, tidak hanya dilaksanakan di dalam ruangan namun lebih banyak praktek langsung dilapangan. Yang meliputi baris berbaris dan juga tata cara pengendalian aksi masa, (Demonstrasi).

Baca juga:  Bukan cuma Touring, Ternyata Ini yang Dilakukan Kupang Max Owner
Keterangan foto: Sekretaris Satpol PP Kota Kupang beserta Sat Binmas Polres Kupang Kota
Keterangan foto: Sekretaris Satpol PP Kota Kupang beserta Sat Binmas Polres Kupang Kota

Tampak hadir dalam pembukaan bimtek ini, Kasat Pol PP Kota Kupang, Rudi Abubakar,S.Sos., Msi Kasat Binmas Polres Kupang Kota, Iptu Saladin dan Sekretaris Satpol PP Kota Kupang, Alan Yoga Girsang, SH., MH yang dalam kesempatan ini bertindak sebagai Moderator.

 

 

Selama kegiatan berlangsung tampak para peserta bimtek sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, meski ditengah cuaca panas dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.(Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *