Bupati Pemalang Menghadiri Pemberian Dan Penyerahan Sertifikat Dari CPIB Kepada Pelaku UMKM Serikat Petambak Pantura Indonesia Di Desa Nyamplungsari

Bupati Pemalang Menghadiri Pemberian Dan Penyerahan Sertifikat Dari CPIB Kepada Pelaku UMKM Serikat Petambak Pantura Indonesia Di Desa Nyamplungsari

Pemalang, Gerbang Indonesia – Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo ST MSi menyaksikan langsung penyerahan sertifikat CPIB (cara penanganan ikan yang baik) bagi UMKM dari PT. Bintang Tirta Semesta kepada perwakilan serikat petambak pantura Indonesia di acara sosialisasi penerapan sistem jaminan mutu hasil perikanan untuk peningkatan ekspor di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang. Selasa 22 Maret 2022.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pemalang yang akrab disapa Mas Agung menyampaikan Terimakasih dan sangat mengapresiasi serta mendukung penuh dari apa yang sudah dilakukan oleh KKP (Kementrian Kelautan dan Perikanan) atas sosialisasi pelaksanaan penerapan sistem jaminan mutu dari hasil Perikanan di kabupaten Pemalang.

Baca juga:  Jaga Fisik dan Kebugaran Tubuh, Polres Humbahas Laksanakan Olahraga Bersama

Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat serta dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas hasil produksi ikan dan peningkatan ekspor hasil laut di Kabupaten Pemalang. Pungkas Agung.

Selanjutnya Hari Maryadi selaku Plt Kepala BKIPM (Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu) menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini tentu harapannya bisa meningkatkan hasil perikanan petambak yang di Pemalang, dan memberikan kualitas ikan dengan penjaminan mutu dari hasil panenya. Sertifikasi ini dilakukan agar produk hasil perikanan seperti udang dan ikan bisa bersaing di pasar internasional.
Dengan adanya sosialisasi kegiatan melalui BKIPM ini, PPK telah memberikan sertifikat secara simbolis kepada pelaku tambak di desa Nyamplungsari kecamatan Petarukan.

Baca juga:  Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Banjar Dawa Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang

Rencananya akan ada 10000 sertifikat yang akan diberikan kepada para pelaku tambak, mulai dari berskala kecil, menengah dan besar, dan selanjutnya juga akan ada kegiatan serupa di berbagai daerah diseluruh Indonesia, Pungkas Hari.

Dan selanjutnya masih dalam kesempatan yang sama, Kris Budiharjo selaku ketua RKIH (Rumah Koalisi Indonesia Hebat) menyampaikan bahwa Kami berharap sertifikasi ini akan membantu dunia usaha pelaku tambak di Pemalang agar bisa lebih baik kedepannya.

Baca juga:  Pesan Semangat dan Sambutan Kepala Disparpora Dalam Kegiatan Acara Malam Penganugerahan Festival Lomba Desa Wisata Kabupaten Pemalang Tahun 2022

Khusus Pemalang ini dengan adanya sertifikasi yang dibagikan bisa menambah nilai fasilitas pelaku UMKM, dari KKP menyetujui dan BRI juga terlibat, oleh karena itu tentunya pihak pihak yang berkepentingan dalam pembinaan bisnis dan fungsi dari sertifikat ini diharapkan petambak bisa lebih profesional dan Kredibel untuk mendapatkan kepercayaan penyaluran kredit dari Bank.

Dengan adanya sertifikat ini merupakan pengakuan dari Negara, jadi pelaku usaha bisa lebih mudah mendapatkan kredit dari Bank (Bankable) dan ujung ujungnya ekosistem ekonomi kita bisa berjalan dengan baik. Pungkas Kris Budiharjo.
(Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *