Kembali Lakukan Aktifitas Program Kerja Ramadhan 1443 H, DPC Forkabi Panmas Gelar Berbagi Takjil di Wilayah Kelurahan Depok

Kembali Lakukan Aktifitas Program Kerja Ramadhan 1443 H, DPC Forkabi Panmas Gelar Berbagi Takjil di Wilayah Kelurahan Depok

Depok, Gerbang Indonesia – Jajaran Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pancoran Mas Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Kota Depok, kembali gelar program kerja Ramadhan 1443 H dengan melakukan berbagi Takjil kembali untuk berbuka puasa di Pintu Kereta Api Jalan Sejajar Rel Naming D Bothin, sebagai bentuk bhakti sosial kepada masyarakat yang ada diwilayah kerjanya.

Edi Dadang Candra.A.MPd.MH (Bharock) Ketua DPC Panmas Forkabi Kota Depok mengatakan, Ramadhan adalah salah satu deretan bulan yang mulia diantara bulan lainnya, dan didalam bulan suci Ramadhan dianjurkan untuk memperbanyak amalan utama serta doa untuk meraih ampunan Allah SWT.

“Berbagi dan bersedakah merupakan salah satu ibadah utama Ramadhan yang harus dilakukan oleh tiap muslim yang mampu untuk mengerjakannya. Dinyatakan dalam hadits Zaid bin Khalid dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Rosulullah SAW bersabda: ‘Barang siapa memberi makan kepada orang yang berpuasa maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa menguuangi sedikitpun dari pahalanya’. (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)”, ucap Bharock, Sabtu 30/4/2022.

“Dengan berbagi kita akan membuat orang lain senang, dan saat orang lain senang karena kita, itu artinya kita ikut menjaga tali silaturahmi kita pada orang lain. Menjaga silaturahmi bisa diartikan sebagai menjaga hubungan baik antar tetangga, teman dekat, kerabat, dan sebagainya. Pada saat kita dikelilingi oleh cyrcle yang baik, maka akan tercipta suasana Ramadhan yang indah di dalamnya”, ungkapnya.

Baca juga:  Sociopreneur: Tren Karir Baru Bagi Millenials dan Gen Z

Bharock menambahkan, bahwa salah satu pintu ladang pahala yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah khususnya dibulan Ramadhan, demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin yakni bersifat dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala”, tutup Bharock.

Sementara itu Marwaji (Wajie) Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPC Panmas Forkabi Kota Depok menerangkan, bahwa perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji, dan Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi siapa yang dikehendaki-NYA.

“Berbagi di bulan Ramadan sangat indah dan penuh dengan maghfirah. Berbagi kepada sesama itu pada dasarnya mengajari arti bersyukur kita sebagai manusia, bersyukur bahwa kita masih mempunyai rezeki yang cukup untuk diberikan pada orang lain, dan Allah SWT mengatakan saat kita menanam sebutir biji maka akan menumbuhkan tujuh tangkai, serta pada setiap tangkainya ada seratus biji, dan Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi siapapun yang dikehendaki Allah SWT”, ujar Wajie.

Baca juga:  Sat Samapta Polres Toba Melalui Unit Pam Obvit Lakukan Pengamanan Objek Vital

“Saat kita bersyukur, maka hati akan terasa bahagia dan penuh kesenangan, apalagi setiap kebaikan yang kita lakukan di bulan Ramadhan, akan Allah lipat gandakan pahala kita. Jadi, janganlah takut untuk berbagi, karena berbagi tidak selalu tentang uang dengan jumlah yang besar, mari jadikanlah berbagi sebagai ajang untuk memperbaiki diri kita dan mengharapkan ridho Allah SWT”, lanjutnya.

Wajie menerangkan, bahwa dari beberapa hadist dapat diambil kesimpulan bahwa pelit dan bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati, dan seorang mukmin sejatinya adalah orang yang gemar memberi dan saling berbagi.

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033). Selain itu, sifat dermawan jika di dukung dengan tafaqquh fiddin, dapat msmgamalkan perintah agama dengan baik, sehingga terkumpul dua sifat yaitu alim dan juud (dermawan), dan akan mencapai kedudukan hamba Allah yang paling tinggi”, jelas Wajie.

Baca juga:  Sambut Bulan Suci Ramadhan, KPI Unit Balikpapan Berbagi Dengan Sesama

“Pahala sedekah walaupun hanya sedikit itu akan terus berkembang pahalanya hingga menjadi besar. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: ‘sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud” (HR. At Tirmidzi 662)”, tambahnya.

“Mari dipenghujung Ramadhan 1443H ini sebisa mungkin kita salurkan rezeki yang kita miliki untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Walaupun bersedekah merupakan amalan yang bersifat sunnah, dimana jika kamu lakukan mendapat pahala, tetapi jika ditinggalkan tidak mendapat dosa. Namun, bersedekah pada bulan suci Ramadhan tentunya akan lebih istimewa dan akan mendatangkan kebaikan yang berlipat-lipat ganda untuk kita semua. Semoga dengan adanya kegiatan yang dilakukan Forkabi selama bulan suci Ramadhan dapat menjadi manfaat dan dapat terjalin tali silaturahmi yang semakin kuat diwilayah Kota Depok”, pungkasnya.(Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *