Milad FBR Gardu 0273 Serta Santunan Anak Yatim dan Dhuafa Tahun 2022

Milad FBR Gardu 0273 Serta Santunan Anak Yatim dan Dhuafa Tahun 2022

Reporter: Sugeng.P

Jakarta | Gerbang Indonesia – Milad FBR ( Forum Betawi Rempug ) yang biasa diperingati tiap tahun pada tanggal 29 Juli marak dirayakan dengan banyaknya bendera FBR dipasang diberbagai wilayah Jabodetabek walaupun waktunya tidak bersamaan di masing-masing Gardu karena melihat situasi yang belum memungkinkan semenjak wabah Covid-19 melanda beberapa tahun ini.

Begitu juga Gardu FBR 0273 yang terletak di wilayah RW 05 Utan Panjang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat yang dipimpin oleh bapak Supriatna atau yang biasa lebih dikenal dengan bang Otoy, dalam rangka menyambut Milad FBR yang ke 21 pada hari Jumat malam tanggal 12 Agustus 2022 mengadakan acara perayaan Hari Ulang Tahun berdirinya Ormas Betawi atau FBR dengan acara syukuran pembacaan Do’a dan Santunan anak – anak Yatim serta Dhuafa.

Melihat latar belakang FBR berdiri pada tanggal 29 Juli 2001 bertepatan dengan 8 Rabiul Tsani 1422 Hijriyah di Pondok Pesantren Yatim Zidatul Mubtadi’ien Cakung Jakarta Timur, berdirinya FBR diprakarsai oleh Tokoh Betawi sekaligus juga sebagai Tokoh Agama (alm) KH.Fadholi El Muhir yang juga pernah menjadi sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung ( DPA ) salah satu Lembaga Tinggi Negara pada waktu itu yang sekarang menjadi Wantimpres ( Dewan Pertimbangan Presiden )  dan dibantu oleh beberapa Agamawan muda Betawi. FBR lahir dari keprihatinan beliau melihat nasib dan masa depan masyarakat Betawi yang secara Struktural dan Kultural menjadi terasing terpinggirkan dikampung halaman sendiri, dan berharap yang harusnya kedepan ada perubahan ke arah yang lebih baik, berdaya guna dan bermartabat sehingga bisa menjadi tuan rumah di kampungnya sendiri.

Baca juga:  Gelar Rapat Paripurna, Ketua DPRD Kota Depok Menyerukan Kolaborasi dalam Keberagaman Suku pada HUT Kota Depok ke-24

Acara Milad FBR yang dimulai ba’da Isya pukul 8.00 WIB dihadiri oleh Ketua Korwil Jakarta Pusat bapak Haji Hery, Ketua Gardu 0273 bang Otoy, beberapa Ketua Rt wilayah setempat dan para Anggota FBR, serta 90 an anak-anak Yatim dan Dhuafa. Acara yang dipandu oleh pembawa acara bang Wani di awali dengan pembacaan Tahlil oleh Ustadz Amin dan Ustdz Asep.

Selanjutnya Ketua Gardu 0273 bang Otoy yang membawahi 152 orang anggota FBR dari kalangan tua dan muda ini menyampaikan sambutan pertama yang intinya berpesan kesemua jajarannya agar peran dan keberadaan Ormas FBR dapat berguna dan bermanfaat untuk orang banyak. “ saya bercita -cita aktivitas kita di Organisasi Masyarakat ini untuk membawa manfaat bagi orang banyak, jangan hanya yang berkesan menonjolkan arogansi nya saja. Di samping itu saya juga selalu berdoa mudah-mudahan anggota FBR 0273 tetap sehat dan eksis bersahaja,” Ungkapnya.

Baca juga:  Bangun Komunitas Se-Kota Depok, KCDB Targetkan Ikan Gabus Hias Menjadi Icon Kota Depok

Harapan yang sejalan dengan seiring pertambahan usia FBR yang banyak melakukan pembenahan diri, sehingga Ormas tersebut kini jauh lebih baik dalam berorganisasi.
Pada sambutan berikutnya dari Ketua Korwil FBR Jakarta Pusat bapak Haji Hery yang sekaligus sebagai Donatur untuk acara Santunan anak Yatim dan Dhuafa ini, dalam sambutannya mengawali dengan ucapan Slogan Ormas FBR, yaitu : Betawi Rempug. FBR Hidup.  Yang Kurang Ajar Hajar. Jakarta Pusat Rebut. Beliau menyampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Milad seperti ini semoga dapat menambah kerempugan para anggota Gardu 0273,” Harapnya.

Sebagaimana tujuan dari kerempugan agar anggota FBR dapat selalu solid dan terus meningkatkan kekompakan serta komunikasi , agar silaturahmi tetap terjaga tanpa memandang perbedaan.

Lanjut beliau yang pada Tahun 2024 nanti berencana akan maju sebagai calon wakil rakyat, mewakili masyarakat wilayah Kemayoran untuk menjadi Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta pada Pemilihan Legislatif ( Pileg ) melalui salah satu Partai.

Dalam menyampaikan pesan moralnya dikatakan, semoga ke aktifan kita di Organisasi FBR ini untuk membawa kemaslahatan umat atau orang banyak dan juga untuk menambah keberkahan kita semua,” imbuhnya.

Di penghujung acara Ustadz Asep mengajak semua yang hadir untuk berdoa bersama-sama sebelum menyampaikan Tausiah atau ceramah agama nya , dengan membacakan Al Fatihah dan kepada para anak-anak Yatim untuk mengaminkan agar bapak Haji Hery diberikan keberkahan dan kesuksesan untuk maju sebagai calon wakil rakyat dari wilayah Jakarta Pusat sebagai anggota DPRD. Harapan yang hadir pun demikian dengan melihat respon dari para anggota FBR untuk mendukung beliau sebagai wakil rakyat di DPRD, apalagi sebagai Ketua Korwil Jakarta Pusat punya potensi dengan massa yang dipimpinnya diperkirakan mencapai ribuan anggota FBR dari jumlah seluruh Gardu yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

Baca juga:  Ketua Sinode GMIT Hadir Dalam Pertemuan Bersama Tokoh Gereja Sion dan Betania Camplong Dalam Rangka Rencana Pembangunan Rumah Pastori

Pada ceramahnya Ustadz Asep mengutip salah satu surat yang ada di Al qur’an yaitu surat Al Kafirun tentang anak Yatim , menjabarkan barang siapa yang menghardik dam memakan hak anak Yatim berarti dia telah berbuat Zholim, yang selanjutnya juga menyampaikan Hadits Rasulullah , “ ‘ “ Barang siapa yang menyayangi dan menyantuni atau membiayai anak Yatim seperti dua jari yang berdampingan di Surga Bersama Rasulullah,” jelas Ustadz Asep.

Begitu juga sambungnya, kepada siapa yang menyantuni anak Yatim akan selalu diberikan kemudahan dalam hidupnya,” ulasnya.

Sebagai penutup acara secara simbolis Ketua Korwil FBR Jakarta Pusat dan Ketua Gardu 0273 memberikan uang santunan kepada berapa anak Yatim dan dilanjutkan kepada para anak Yatim yang lain dan Dhuafa . ( Sugeng .P )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *