Petik Laut dan Selamatan Desa Puger Kulon Tahun 2022

Petik Laut dan Selamatan Desa Puger Kulon Tahun 2022

Reporter: Saiful

Jember | Gerbang Indonesia – Budaya Larung Sesaji ini adalah Sibul tradisi Budaya turun temurun yang berada di wilayah Pantai Selatan, acara ini digagas oleh Pemerintah Desa Puger Kulon dan Masyarakat setempat, Sabtu (13/08/2022).

Tradisi acara Larung Sesaji ini diadakan setiap satu tahun sekali, tepatnya 1 Muharram (1 Suro) acara ini digelar hingga kini, Larung Sesaji merupakan ritual yang ditunggu-tunggu oleh Masyarakat Daerah setempat.

Baca juga:  Sejarah Sayyid Husein As-Segaf "Korban Ketamakan Raja Bangkalan"

Larung Sesaji yang dibawa ke tengah laut adalah, replika kapal pencari ikan, Nasi Tumpeng seperti Gunung Berwarna Kuning, Buah-buahan, Kepala Kambing, makanan ketela pohon atau disebut kolo pendem.

Pelaksanaan acara ini dihadiri Muspika Kecamatan Puger, acara ini bertempat di depan balai Desa Puger Kulon, acara ini dibuka oleh Kepala Desa Puger Kulon Nurhasan, dalam sambutanya mengatakan, Budaya Larung Sesaji ini akan kita laksanakan tiap tahun didalam Larung Sesaji ini adalah Tradisi Wujud Syukur atas nikmat Tuhan berupa, rezeki, kesehatan, hasil alam yang melimpah, hasil bumi dan laut, acara bersamaan dengan kegiatan HUT RI di Wilayah Desa Puger Kulon,” ucap beliau.

Baca juga:  Karnaval Budaya Nusantara Pemdes Mlokorejo¬†

Sehabis memberikan pembukaan acara ini. Arak-arakan, tumpeng dan lainnya segera di berangkatkan ke lokasi yang dituju, di pingir dermaga dan langsung di bawa oleh kapal nelayan menuju tengah laut. (sf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *