Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka Himpaudi Tingkat Jakarta Pusat

Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka Himpaudi Tingkat Jakarta Pusat

Reporter: Sugeng P

Jakarta | Gerbang Indonesia – Himpaudi Jakarta Pusat mengadakan Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka ( IKM ) pada tanggal 6 dan 7 September 2022 di Aula Hall B lantai 3 Manggadua Square Jakarta Utara, acara ini di adakan sebagai wujud untuk meningkatkan system pembelajaran yang lebih efektif dan efisien bagi peserta didik.

Ketua Himpaudi kota Jakarta Pusat
Ketua Himpaudi kota Jakarta Pusat

Sebagaimana maksud dari Kurikulum Merdeka yang merupakan Kurikulum dengan pembelajaran Intrakurikuler yang beragam, dimana konten akan lebih optimal agar perserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Informasi yang didapat awak Media Gebang Indonesia, dalam pelaksanaan nya acara Seminar IKM Himpaudi Jakarta Pusat yang di kepalai oleh ibu Erni Lisnawati Spd.MM , menerapkan dua Sesi waktu karena peserta nya yang cukup besar berjumlah 400 orang . pada Sesi pertama pada tanggal 6 September 2022 mencakup 200 peserta, dibawah tanggung jawab Kasi JP 1 Suku Dinas ( Sudin ) pendidikan yang meliputi empat Kecamatan yaitu kecamatan Sawah Besar, Tanah Abang, Gambir dan Menteng.

Baca juga:  Kepala DINDIKBUD Provinsi Jawa Tengah dan Kepala CABDIN Wilayah XII Pemalang Berikan Apresiasi Untuk SMK Bhakti Praja Adiwerna Tegal

Pada Sesi kedua tanggal 7 September 2022 juga 200 peserta, dibawah Kasi JP 2 meliputi empat Kecamatan yaitu Kecamatan Senen, Kemayoran, Cempaka Putih dan Johar Baru.
Para peserta yang hadir merupakan Kepala Paud dan Tenaga Pendidik dari perwakilan seluruh Lembaga Paud yang ada di wilayah Jakarta Pusat yang berjumlah sekitar 225 Lembaga Paud.

Acara Seminar IKM yang bertujuan untuk peningkatan kompetensi pendidik Paud dengan Kurikulum Merdeka ini, dihadiri oleh Ibu Walikota Ucu Jamilah yang juga sebagai Bunda Paud Jakarta Pusat yang sekaligus juga sebagai pembuka Acara, disamping itu juga hadir Kasi Paud Dikmas dan Penilik dari JP 1 ( Jakarta Psat 1 ) dan JP 2 ( Jakarta Pusat 2 ).

Baca juga:  Beasiswa APERTI, Mendorong Mahasiswa Berprestasi
Peserta Seminar IKM
Peserta Seminar IKM

Acara yang dimulai dari pukul 13 .00 Wib s/d 17:00 Wib, dalam penjabaran materi Implementasi Kurikulum Merdeka di pandu oleh 5 orang dari Team Pengembang Himpaudi Jakarta Pusat, diantaranya Erni Lisnawati Spd.MM membawakan materi Pengantar Kurikulum Merdeka, Meizarina Spd dengan materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Faradara Drian Iklima Spd menyampaikan materi Merancang Pembelajaran, Cristine Spd menjabarkan materi Capaian Pembelajaran, dan Reni Elmawita SpdI menjelaskan materi tentang Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Baca juga:  Program Internasionalisasi, Bikin Lulusan Makin Diminati Korporasi

Sumber informasi juga menjelaskan ke awak media, bahwa Seminar IKM ini sebagai turunan untuk sosialisasi dari beberapa Team Pengembang Himpaudi yang pernah mengikuti Workshop atau Pelatihan Guru Kreatif tingkat nasional lalu yang di adakan di Jakarta oleh Pengurus Pusat ( PP ) Himpaudi pimpinan Prof. Netti Herawati Msi pada tanggal 30 Agustus s/d 1 September 2022 di Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat yang pesertanya dari seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkan juga, “ Sosialisasi Kurikulum Merdeka ini juga nanti akan dilanjutkan pada tingkat cabang atau tingkat kecamatan untuk seluruh Paud bagi seluruh Pendidik atau Tenaga Pengajar,”  katanya. ( Sugeng.P )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *