Aksi Sosial Bantu Korban Banjir, DPK BAPERA, Sekcam dan Rumah Yatim Berkolaborasi

Aksi Sosial Bantu Korban Banjir, DPK BAPERA, Sekcam dan Rumah Yatim Berkolaborasi

Reporter: Rudi Hartono

Medan | gerbangIndonesia.id – Aksi sosial kemanusiaan untuk membantu meringankan beban penderitaan yang dialami warga korban banjir yang mengguyur kota Medan beberapa hari lalu, menggugah Rumah Yatim Medan menyumbang donasi berupa beberapa keperluan pokok rumah tangga seperti beras, minyak, gula dan teh untuk korban banjir.

Pada hari Selasa malam, 1 Maret 2022, Rumah Yatim beserta Dewan Pimpinan Kecamatan BAPERA Medan Marelan telah menyerahkan sumbangan bagi korban banjir yang diterima langsung oleh Kepala Lingkungan 26, Bapak Tukijo. Turut hadir dan yang menginisiasi sumbangan dari Rumah Yatim yaitu Bapak Seketaris Camat Medan Marelan, Muhammad Adham, ST, beserta rombongan dari kecamatan beserta ormas kepemudaan lain dibantu warga ikut membantu menyalurkan bantuan.

Baca juga:  WPSP Laksanakan Aksi Jum'at Berbagi Kepada Komunitas Pemancingan Paseduluran Bojong Bata Pemalang

Hujan yang turun selama 2 hari berturut-turut pada tanggal 27-28 Februari lalu, menyebabkan banjir merata di kota Medan, termasuk kawasan Marelan yang memang langganan banjir pada saat turun hujan. Drainase tak mampu menampung curah hujan yang terus menerus walau intensitasnya tergolong rendah. Banyak rumah tergenang dan tidak sedikit yang mengungsi karena kedalam air bahkan mencapai lutut orang dewasa.

Sumbangan yang diberikan berupa beras 100 kg, mie instan 10 kotak, minyak goreng 30 liter, Sarden 30 kaleng, gula pasir 20 kg, dan teh bubuk 20 kotak. Tak ketinggalan beberapa lembaga sosial juga menyumbangkan kebutuhan sembako, termasuk warga yang peduli yang kesemuanya itu telah terkumpul di posko Siskamling lingkungan 26 Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan.

Baca juga:  Peresmian Gedung Perpustakaan Serbaguna Masjid Baitur-Rahman Marelan

Maka ketika ba’da Maghrib, Sekcam Medan Marelan, Kepling 26, Pemuda Pancasila, Satkom Kobra, unsur pemuda setempat dan ditemani oleh DPK BAPERA Medan Marelan selaku volunteer yang membantu penyerahan bantuan bergerak di titik-titik bencana banjir. Kedatangan rombongan disambut hangat keluarga korban banjir. BAPERA dengan sigap turun tangan menyerahkan bantuan ke beberapa rumah korban yang sebelumya telah di data Kepling.

Baca juga:  Bakesbangpol Pemalang Menggelar Seminar Kebangsaan, Untuk Memperkuat Jiwa Dan Semangat Nasionalisme Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Bagi ASN

Penyerahan bantuan ini berlangsung hingga jam 22.00 wib, mengingat beberapa titik bencana ini letaknya berbeda-beda satu sama lainnya. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Seketaris Camat Bapak Muhammad Idham, ST yang telah berkoordinasi dengan baik dengan BAPERA yang selanjutnya BAPERA juga sudah berkoordinasi dengan Rumah Yatim perihal penyaluran bantuan yang akan di terima. Kepling 26, Tukijo sudah memetakan wilayah lingkungannya beserta jumlah warga yang terdampak di bantu warga untuk memastikan warga yang berhak menerima. Peran serta lembaga sosial lain dan Masyarakat yang ikut menyumbangkan sembako juga ikut menyukseskan pemberian bantuan ini terlaksana dengan baik. (RHO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *