Faskes Puskesmas Kecamatan Comal “Optimis Memperoleh 50% Lebih Vaksinasi”

Faskes Puskesmas Kecamatan Comal “Optimis Memperoleh 50% Lebih Vaksinasi”

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Sektor faskes yang hadir melayani vaksin kepada seluruh warga, faskes Puskesmas Purwoharjo Kecamatan Comal.

kami awak media Gerbang Indonesia menemui dr Fatkhuri selaku Kapus (Kepala Puskesmas) Purwoharjo di tempat kerjanya, Rabu 17 November 2021, dr Fatkhuri memaparkan “wilayah Puskesmas Purwohajo ada 10 Desa yang menjadi layanan prioritas kami. Dan khusus untuk dimasa pandemi sekarang, dengan adanya program vaksinasi Nasional yang sedang digulirkan, kami dari pihak puskesmas menerima beberapa kali kerjasama pelaksanaan Vaksin massal tersebut diantaranya:

  1. Yara foundation (vaksinasi dari partai) memobilisasi massa mulai dari warga NU di gedung Nu dan juga sekolah NU depan daerah Kedawung, Warga Muhammadiyah ditempatkan sekolah disekolah Aisyah.
  2. TNI/Polri, mengajak kerjasama dengan sasaran vaksin di sekolah sekolah daerah Purwoharjo, Alhamdulillah beberapa kali dilaksanakan di sekolah sekolah di wilayah Purwoharjo.
  3. BKIM Semarang Dinprov Jawa tengah, kita juga pernah bekerja sama dengan kami, dan kuota yang disediakan lebih kurang lebih 1000 vaksin dan untuk pelaksanaannya kita tempatkan di pendopo kecamatan dan itu sukses sampai kekurangan kuota vaksin pada kisaran 200 vaksin.
Baca juga:  Dinasti Kerajaan Desa Sukananti Diduga Jadi Ajang Korupsi

Dari kerjasama dengan tiga Instansi tersebut tentunya menjadi faktor pendukung penting kenapa perolehan vaksin di faskes ini bisa meningkat secara signifikan.

Dari data pelayanan yang kami catat tidak kurang dari 18000 kuota vaksin yang sudah terealisasi di faskes kami.
Dengan sasaran pada kisaran 45000 orang, dengan perolehan vaksin 18000, itu artinya perolehan persentase angkanya 40%.
Selanjutnya untuk sekarang sekarang ini kita juga kerjasama dengan Polsek dan Koramil untuk melaksanakan vaksin sampai malam, dengan jam pelaksanaan dari jam 17:00 s/d 21:00 wib.

Baca juga:  Kapolres Cianjur tinjau Gebyar Vaksinasi di gedung DPRD Kabupaten Cianjur

Koordinasi penting ini tentu tidak lepas dari peran serta pihak Kecamatan Comal dan Forkopimcam, sebab dari pihak Kecamatan yang bisa melakukan delegasi koordinasi untuk menginformasikan kepada Pemdes terkait dan selanjutnya pihak Pemdes yang akan menggerakkan masyarakat dalam melaksanakan/mendatangi kegiatan vaksinasi massal sebagai warga akseptor/penerima vaksin ini.

Dan untuk menyamakan program perolehan target 50% dari Pemda Kabupaten Pemalang, saya rasa lebih efektif dengan pembagian form vaksinasi massal di setiap tempat yang akan diadakan kegiatan vaksin tersebut.

Baca juga:  DPRD Kabupaten Pemalang Memberikan Pesan Dan Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional

Edukasikan kepada seluruh warga bahwa vaksin itu aman, tidak perlu takut, pada saat akan melakukan vaksin dari pihak Nakes akan memeriksa secara klinis tentang kelayakan bagi akseptor yang akan di vaksin, tentunya dengan kriteria yang sesuai prosedur pemeriksaan dari tim Nakes.

Mari bersama sama membantu kelancaran program vaksinasi nasional untuk kesehatan kita bersama, untuk membentuk Herd Imunity. Jangan terlena dengan kondisi saat ini, tetap taati prokes dan jaga kesehatan. Pungkas dr Fatkhuri dalam wawancara singkat kami.(Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *