Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Banjar Dawa Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang

Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Banjar Dawa Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang

Pemalang, Gerbang Indonesia – Acara kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di desa Banjar dawa dihadiri Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo ST MSi.

Dicanangkannya Desa Banjardawa sebagai Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Pemalang dan didampingi oleh Dandim 0711 Pemalang Letkol. Inf. Roihan Hidayatullah S Sos dan Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo di balai pendopo Amarta desa Banjardawa, kecamtan Taman, kabupaten Pemalang. Kamis 12 Mei 2022.
Pembentukan Kampung Pancasila di desa Banjar dawa adalah bertujuan dijadikan contoh penerapan falsafah nilai-nilai luhur Pancasila.

Dalam penyambutan awal kehadiran Bupati dan rombongan dibacakanlah Puisi oleh Sukandar selaku kepala desa Banjardawa.
Pancasila tidak hanya diucapkan dengan kata-kata tetapi mendarah daging dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Pasalnya Pancasila adalah dasar negara kesatuan Republik Indonesia dan satu-satunya falsafah hidup yang harus diwariskan ke generasi muda di seluruh Indonesia agar dalam bertindak selalu mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila.
Dan Pancasila bisa membangkitkan semangat kebangsaan dalam toleransi dalam kerukunan hidup bermasyarakat.

Baca juga:  Tips Hidroponik Anti Gagal dari Enam Mahasiswa Universitas Pertamina

Dalam acara tersebut turut hadir perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, forum kepala desa se-Kecamatan Taman dan tamu undangan lainnya.
Dalam kegiatan kunjungan pencanangan Kampung Pancasila, Bupati dan rombongan mengawali dengan mengunjungi stand pameran yang ada seperti stand vaksin, stand donor darah dan stand UMKM serta panggung seni dan budaya dan juga ada stand SMK Satya Praja 2 dan pameran produk unggulan lainnya.

Dalam sambutannya kepala Kodim 0711 Pemalang Letnan Kolonel Royan Hidayat S.Sos menyampaikan bahwa Pancasila merupakan bagian dari pertahanan bangsa Indonesia.
Pancasila adalah merupakan jiwa yang harus terus dikembangkan di seluruh pelosok negeri.
Dan pencanangan Kampung Pancasila sebagai wujud toleransi yang ada di wilayah Kodim Pemalang atas keragaman yang ada, namun semua bisa hidup berdampingan dengan rukun, damai dan indah.
Dengan adanya Pencanangan Kampung Pancasila di desa Banjar dawa Kecamatan Taman adalah miniatur bangsa Indonesia, menjadi contoh bagi semuanya, dan Saya berharap semoga semakin maju dan semakin Makmur, Pungkas Roihan.

Baca juga:  PLT Bupati Pemalang Akan Mengambil Langkah Serius Bersama Dinas Terkait dengan Munculnya Angka 600 Penderita HIV/Aids Usia Produktif di Pemalang

Masih dalam kesempatan yang sama Sukandar selaku kepala desa Banjardawa menyampaikan, bahwa pencanangan Kampung Pancasila adalah aktualisasi kembali nilai-nilai Pancasila yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kehidupan di desa akan indah damai dan terciptanya rasa aman dan nyaman.
Lebih lanjut Sukandar menyampaikan bahwa persiapan Kami dalam Pencanangan Kampung Pancasila di desa Kami, kurang lebih butuh waktu satu bulan untuk mempersiapkan segala rencana dan programnya.
Dan hari ini terlaksana Pencanangan Kampung Pancasila di desa kami.
Besar harapan kami ke depan dengan adanya kegiatan ini bisa membawa dampak Positif dalam masyarakat, apalagi sekarang Kementerian Pendidikan Kebudayaan juga mencanangkan bahwa Pendidikan Pancasila ini masuk dalam kurikulum dengan kegiatan belajar mengajar, ini tentu sangat sesuai bila disinergikan dengan program kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila. Pungkas Sukandar selaku kepala desa banjardawa yang ternyata memiliki bakat seni yang tinggi dan dapat membacakan puisi dengan baik dan juga mahir bermain gitar/bass.
(Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *