Polres Muara Enim Melalui Polsek Gelumbang, Siap Amankan 26 Desa Pada Pilkades 14 Oktober 2021 Mendatang

News8 Dilihat

Reporter: Rumba

Muara Enim | Gerbang Indonesia – Polres Muara Enim, AKBP Danny Sianipar, SIK, melalui Polsek Gelumbang siap mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak 14 oktober 2021 mendatang di Kabupaten Muara Enim. Hal tersebut disampaikan Kapolsek Gelumbang, AKP Morris Widhi Harto, SIK, pada Senin pagi (11/10/2021) diruang kerjanya.

Menurutnya, untuk pengamanan Pilkades serentak nanti, Polsek Gelumbang sudah siap seratus persen. Dikatakannya, pengaman yang kita lakukan yaitu sejumlah 26 desa, 15 desa di kecamatan Gelumbang, 3 desa di kecamatan Kelekar dan 8 desa di kecamatan Muara Belida.

Ditanya jika adanya konflik di desa, dijelaskan Kapolsek, untuk saat ini rangkaian kegiatan Pilkades mulai dari kampanye sampai masa tenang, sampai saat ini belum ada konflik yang mengarah ke gejolak di masyarakat, namun kami dari Polsek Gelumbang tetap akan menghimbau  masyarakat dan menghimbau masing-masing Calon Kepala Desa (Cakades) dalam pelaksanaan Pilkades nanti, akan selalu menerapkan azaz aman, damai, sejuk dan sehat.

Baca juga:  Desa Mekarsari Kecamatan Cileungsi Laksanakan Pilkades PAW

“Kami tentunya dari masing-masing Bhabinkamtibmas dan Unit Intelkam kami, akan selalu mengupayakan deteksi dini. Apabila terdapat potensi konflik, meskipun belum terjadi konflik masih dalam potensi, maka kita akan jemput bola dan langsung akan menyelesaikannya pada waktu itu hari itu, supaya konflik tersebut tidak menyebar ke desa lain atau kearah kecamatan”, ujarnya.

Baca juga:  LARM-GAK dan HIPPMA: Siap Dukung Penuh Konsep Presisi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

Ditanya tentang himbauan untuk Cakades dan pengikutnya, AKP Morris menyampaikan untuk Cakades dalam rangkaian Pilkades nanti agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dan menjaga suasana desanya untuk selalu aman, karena masing-masing desa itu merupakan asal muasal dari masing-masing Cakades dan sebagian besar masih ada ikatan keluarga.

“Sedangkan untuk para pendukung, jangan terlalu mudah terprovokasi terkait berita hoax atau berita yang tidak benar adanya. Apabila masih ada yang terprovokasi maka akan kami ambil tindakan tegas apabila melanggar hukum,” timpalnya.

Ditanya desa mana saja yang rawan konflik, Kapolsek memaparkan, hingga saat ini belum ada, namun ada beberapa desa yang sudah kita identifikasi kan yang paling mudah dalam gejolaknya. mungkin ada dua desa, tapi kita sudah kantongi informasinya dan kita juga akan selalu mengintensifkan kegiatan kita di desa tersebut. terutama untuk para Cakades maupun Balon kades yang sudah gugur pada saat seleksi Simpardes.

Baca juga:  Sosialisasi Survei Kebumian 2D Vibroseis PT. Pertamina dan (ESDM) di Wilayah Jember

“Dari pihak Polres Muara Enim dan Polsek Gelumbang akan selalu mengintensifkan untuk kedua desa tersebut. untuk dari personil Polsek 28, sementara untuk personil Polres kita masih menunggu untuk serpas dari Polres pada hari selasa besok. Dan pastinya di Polsek Gelumbang ada stanby satu pleton dalam masa inti sebanyak 30 orang dalam hari rabu hingga hari jum’at,” tukasnya. (Rumba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *