Sambut Hari Menanam Pohon se-Dunia, TAR Jokowi Kota Depok Persiapkan Acara Penyambutan Menteri LHK Untuk Menanam Pohon di Depok

Sambut Hari Menanam Pohon se-Dunia, TAR Jokowi Kota Depok Persiapkan Acara Penyambutan Menteri LHK Untuk Menanam Pohon di Depok

Reporter: Arief

Depok | Gerbang Indonesia – Pada persiapan menyambut hari Menanam se-Dunia yang jatuh pada tanggal 28 November 2021 mendatang di beberapa Situ yang ada di Kota Depok, yang akan disinggahi Menteri LHK Siti Nurbaya. Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok selaku Komunitas Aktivis Peduli Lingkungan yang didaulat menjadi panitia acara tersrbut, melayangkan surat permohonan fasilitas Prokes yang ditujukan kepada dinas Damkar Kota Depok dan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Depok.

Ketua Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok Suryadi Bhoges mengatakan, bahwa persiapan yang telah dilakukan pada acara hari Menanam se-Dunia bersama pihak Kementerian LHK dan Dirjen P3L dibeberapa Situ Kota Depok telah mencapai 50 persen.

“Persiapan yang telah kami Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok lakukan telah mencapai 60 persen. Kita juga sudah membangun komunikasi bersama aparatur setempat seperti: Lurah, Camat, dan Pembina teritorial wilayah sekitar, untuk dapat bersama – sama bersinergi mewujudkan Kota Depok sebagai Kota penyanggah Ibukota yang terbaik, dengan mengkonsentrasikan konsep penanaman pohon sebagai aspek resapan air”, ujar Bhoges, Selasa 23/11/2021.

Baca juga:  AU Lanud Suwondo Dan LSM PENJARA Bakti Sosial Vaksinasi Massal di Marelan

“Dalam giat 28 November 2021 guna memperingati Hari Menanam Pohon se- Dunia, kami berencana akan melakukan penanaman secara serentak di 3 Situ/Danau yakni: Situ Gadog Cimanggis, Situ Rawa Besar Pancoran Mas, dan Situ Pladen Beji, serta menanam pohon di sejumlah titik pemukiman area kampung penghijauan diarea R6/RW13, Kelurahan Beji, dan Halte Jalan Siliwangi sebagai upaya menumbuhkembangkan area hutan Kota”, ungkapnya.

Baca juga:  Dana Bansos BPNT PPKM Disunat, Puluhan Warga Penerima Membuat Surat Keberatan¬†

Bhoges menerangkan, bahwa dirinya bersama tim telah melayangkan surat kepada Kadis Damkar Depok dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 untuk meminta ketersediaan masker, hand sanitizer, serta melakukan penyemprotan disinfektan pada H min 1 diarea acara tersebut.

“Kami telah melayangkan surat resmi kepada dinas Damkar Kota Depok dan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, untuk menyediakan perlengkapan Prokes pada acara nanti seperti: penyediaan masker, hand sanitizer, serta melakukan penyemprotan disinfektan pada area acara, guna men-sterilkan area sebagai bentuk antisipasi dan menjaga kesehatan para peserta yang datang nantinya”, sambung Bhoges.

Selain melakukan penanaman pohon, TAR Jokowi Kota Depok juga akan melakukan diskusi bersama para pejabat yang datang nantinya, guna membahas tentang Revitalisasi Situ/Danau yang ramah lingkungan.

Baca juga:  Lakukan Ibadah di Penghujung Ramadhan, DPD Partai Ummat Kota Depok Bersama Permata Ummat dan Garda Ummat Bagikan Takjil Untuk Warga Depok

“Selain giat menanam pohon, nantinya kita juga akan menggelar acara diskusi santai, terkait mencari solusi untuk mencegah limbah sampah ke area badan Situ/Danau, untuk mewujudkan pembangunan Revitalisasi Situ/Danau yang ramah lingkungan, dengan konsep ‘Grand Design’ gerakan penghijauan secara continue, berkala, terarah, dan berkesinambungan”, pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan hari Menanam Pohon se-Dunia tersebut, pihak Kementerian LHK telah menyiapkan puluhan ribu pohon buah dan pohon keras, kepada para aktivis lingkungan yang tergabung dalam Tim Akar Rumput Jokowi Kota Depok, untuk disalurkan dan ditanam pada area Fasos, Fasum dan tanah asset Pemerintah Kota Depok, untuk mewujudkan area hutan Kota.(Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *