Tingkatkan Pengetahuan, Pertamina Gelar Penyuluhan dan Pelatihan

Tingkatkan Pengetahuan, Pertamina Gelar Penyuluhan dan Pelatihan

Giri Mukti, Gerbang Indonesia – Rangkaian kegiatan dilakukan oleh Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan untuk meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan Ibu dan Anak. Melalui program Warga Sehat Siaga, Kelompok Posyandu Dewi Shinta mengadakan kegiatan Penyuluhan Gizi Makanan Sehat untuk Bayi dan Pertolongan Pertama pada Bayi di Aula Desa Giri Mukti, Penajam Paser Utara. (Rabu, 30/03).

Penyuluhan ini bertujuan agar ibu-ibu mempunyai pengetahuan tentang perkembangan bayi sesuai tumbuh kembang anak. Selain itu, agar anak tidak mengalami pertumbuhan yang tidak normal atau terkena penyakit. Hal tersebut dapat dicegah melalui pemberian makanan yang tepat, sehat, dan berdasarkan umur. Penyuluhan ini dihadiri oleh 25 ibu dan anak, 5 pendamping serta 6 kader PKK.

“Harapannya para Kader mempunyai pengetahuan dasar dalam perkembangan anak, pemberian makanan yang sehat, tepat, berdasarkan umur, serta mampu menyebarluaskan kepada masyarakat,” ujar pemateri dari UPT Puskesmas Petung Nurul Yatimah.

Di hari sebelumnya juga dilakukan Penyuluhan Kelas Ibu Hamil. Penyuluhan ini bertujuan agar ibu-ibu dapat memahami bagaimana menjaga kondisi kandungan agar tetap sehat selama mengandung hingga melahirkan. Pengetahuan ini diharapkan dapat mencegah kematian pada bayi dan ibu maupun cacat lahir pada bayi.

Baca juga:  Untuk Ketahanan Pangan, Posyandu Ria Manuntung Gelar Pelatihan Urban Farming

Penyuluhan tersebut dihadiri oleh 20 Ibu hamil, pendamping posyandu 5, serta dari puskesmas pembantu 2 orang.

“Saya berharap angka kematian bayi dan ibu bisa berkurang khususnya di Desa Girimukti. Dari kelas ini para ibu dapat lebih belajar dan memahami proses kehamilan, melahirkan dan menyusui hingga mengurus anak,” ungkap Sekretaris Desa Girimukti, Sari Yulianti.

Baca juga:  Peringatan Idul Adha : Wujud Syukur Serta Ketaqwaan

Penyuluhan ini juga menjadi ajang para Ibu hamil untuk bertukar pengalaman. “Harapan saya kelas ibu hamil tetap dilanjutkan agar ibu-ibu yang baru dapat pengalamannya,” ujar salah satu peserta penyuluhan Siti Robiah.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa Pertamina mendukung program yang dilaksanakan tersebut. “Program ini adalah pondasi untuk menyiapkan generasi penerus bangsa. Ibu dan Bayi yang sehat akan menentukan kualitas generasi muda bangsa kita di masa depan,” tutup Chandra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *