Grebek Lumpur dan Kerja Bakti Wilayah Utan Panjang Kemayoran Jakarta Pusat

Grebek Lumpur dan Kerja Bakti Wilayah Utan Panjang Kemayoran Jakarta Pusat

Reporter: Sugeng P

Jakarta | Gerbang Indonesia – Jelang Akhir Tahun yang identic dengan musim hujan yang biasanya berskala intensitas tinggi menjadi Warning (Peringatan  keras) bagi sebagian besar masyarakat akan ancaman banjir dan wabah Penyakit Demam Berdarah (DBD).

Keterangan foto: Stakeholders acara Grebek Lumpur dan Kebersihan
Keterangan foto: Stakeholders acara Grebek Lumpur dan Kebersihan

Menyikapi hal tersebut pemangku wilayah  Kecamatan  Kemayoran  mengadakan Grebek Lumpur dan Kerja Bakti bersama. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu 26 Desember 2021  yang dimulai dengan Apel pagi pada pukul 7.30 Wib mengambil objek  atau sasaran kebersihan dilingkungan RW 01 Kelurahan Utan Panjang Jakarta Pusat.

Kegiatan yang di komandoi langsung oleh bapak Camat Kemayoran Asep Mulyaman serta didampingi  bapak Lurah Utan Panjang Amadeo  Ketua RW 01 Bu Dini ini juga melibatkan  stakeholder yang ada, seperti dari Dinas Tata Air, Lingkungan Hidup, Pertamanan dan Pekerjaan Umum, disamping juga turut hadir dari Dinas Perhubungan dan Damkar serta dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta di ikuti  juga oleh para anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan  dari berbagai Tokoh Masyarakat setempat seperti Pengurus RT dan RW serta Para Kader dari PKK, maupun Jumantik.

Baca juga:  Era Baru WSBK, Toprak Razgatlioglu Juara Dunia 2021
Keterangan foto: Lurah Utan Panjang Amadeo (No.3 dari kiri) dan para Anggota LMK
Keterangan foto: Lurah Utan Panjang Amadeo (No.3 dari kiri) dan para Anggota LMK

Menilik dari uraian bapak Camat Kemayoran dalam kata sambutannya  sebenarnya Pelaksanaan kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan perberapa bulan  secara bergantian  diberbagai tempat diwilayah Kecamatan Kemayoran, dalam pesannya Camat Kemayoran  mengatakan, “ Saya mohon kepada segenap pihak untuk membantu pekerjaan petugas Jumantik dan Dasawisma untuk antisipasi adanya genangan air di musim hujan khususnya wilayah RW 01 agar terhindar dari wabah penyakit Malaria ataupun DBD“. Ungkapnya.

Baca juga:  Tiga Unsur Organisasi Melaksanakan Tabligh Akbar mengangkat Tema Mengantisipasi Bahaya Radikalisme

Inti kegiatan ini menitik beratkan pada kebersihan  Saluran Air dari penyumbatan sampah dan sedimen lumpur  sebagai  antisipasi banjir utamanya ketika musim hujan tiba,  disamping itu juga dilakukan penopingan pohon yang kerimbunan dahan dan daun nya  telah menutupi kabel listrik  baik dijalan lingkungan maupun dijalan utama, untuk mencegah adanya bahaya kebakaran yang di akibatkan korsleting listrik.

Baca juga:  Intensitas Hujan Tinggi, Sungai Padang Meluap "Tebing Tinggi Kebanjiran"

Untuk pembersihan saluran air yamg tersumbat oleh lumpur dibeberapa tempat wilayah Rukun Tetangga ( RT ) ditangani oleh petugas Sumber Daya Air ( SDA ) dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum ( PPSU ), sedangkan untuk penopingan pohon disekitar halaman  depan SD  Negeri Utan Panjang 01 dan 03 pagi dikerjakan oleh petugas dinas Pertamanan. ( Sugeng P )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *