Himpaudi Jakarta Pusat Adakan Manasik Haji Cilik

Himpaudi Jakarta Pusat Adakan Manasik Haji Cilik

Jakarta | Gerbang Indonesia – Himpaudi tingkat kota Jakarta Pusat mengadakan kegiatan Manasik Haji bagi anak-anak didik Paud se-Jakarta Pusat yang ada dibawah binaan nya pada tanggal 1 Desember 2022 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur . Kegiatan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak awal tahun 2020 namun terpanding karena datangnya musibah Pandemi Covid-19 yang mewabah pada awal Maret 2020 lalu, setelah kondisi Pandemi mereda pada level satu ini barulah kegiatan yang biasa rutin setiap tahun dilakukan dapat terlaksana pada tahun ini.

Panitia Manasik Haji Cilik
Panitia Manasik Haji Cilik

Dengan di ikuti sekitar 2800 an peserta didik Paud dari jumlah 230 an Paud yang ada di Jakarta Pusat, serta dikawal dan di awasi langsung oleh orang tua masing-masing peserta didik disamping bimbingan dari tenaga pendidik Paud, kegiatan Manasik Haji ini dijalankan dengan tetap memperhatikan dan dijalankan sesuai protocol Kesehatan karena masa Pandemi yang masih berada dalam level satu. Berbagai kalangan intansi juga membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini seperti masalah pengamanan dari Polsek Makasar dan Satpol PP Kelurahan Pinang Ranti Jakarta Timur, juga untuk kelancaran lalu lintas jalan Raya Pondok Gede dibantu oleh Dishub KecamatanMakasar.

Baca juga:  Kegiatan Kelompok Belajar Mencakup Enam Aspek Perkembangan "Aspek Agama dan Moral, Fisik Motorik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional dan Seni"

Panitia pelaksana yang berjumlah 22 orang dengan dikepalai oleh Erni Lisnawati Spd.MM dengan sigap mengatur rombongan yang mulai berdatangan sejak pukul 06.00 pagi dengan puluhan Bis Pariwisata. Acara yang dimulai pada pukul 07.00 Wib pertama di arahkan para peserta memasuki masjid untuk dilakukan pengarahan oleh Panitia, dalam arahan nya Erni Lisnawati mengatakan “ pertama – tama sebelum lakukan Manasik Haji kita akan awali dengan pelaksanaan sholat Dhuha bersama setelah itu barulah kita melakukan kegiatan selanjutnya dilapangan “ ujar nya.

Baca juga:  Pemda Pemalang Siapkan Pelatihan Ketrampilan Untuk Anak Tidak Sekolah Kembali Bersekolah

Pelaksanaan Haji tamatu khusus anak kecil yang dimulai dari kegiatan sholat Dhuha, selanjutnya dilakukan diluar lapangan untuk melaksanakan Thawab mengelilingi duplikat Ka’bah, berlari kecil atau Sa’i antara Shafa dan berakhir untuk berdoa dibukit Marwah, serta lanjut Musdalifah ambil batu untuk lempar Jumroh di Ula , Wustho dan Aqabah yang semua kegiatan simulasi Manasik tersebut dibimbing oleh pengelola Asrama haji Pondok Gede. Salah satu panitia Reni Elmawita SpdI yang diwawancarai oleh awak media Gerbang Indonesia menjelaskan bahwa kegiatan Manasik Haji Cilik ( MHC ) merupakan program Himpaudi pada semester satu Tahun Ajaran Pendidikan, “ kegiatan Manasik Haji ini disamping sudah merupakan salah satu program kerja tahunan Himpaudi Jakarta Pusat juga bertujuan untuk mengenalkan Rukun Islam yang ke 5 kepada anak didik Paud “ ungkapnya.

Baca juga:  Ayo Bangkit Bersama SMA Negeri 1 Ulujami
Peserta Manasik Haji Cilik lempar Jumroh
Peserta Manasik Haji Cilik lempar Jumroh

Pembelajaran anak usia dini memang harus di isi oleh kegiatan semacam ini yang menjadi dasar ke imanan dam akhlak mereka pada Masa Emas ( Golden Momenst ), karena kegiatan simulasi Manasik Haji ini sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas jiwa keagamaan pada anak sehingga dapat membekas dalam memorinya dan dapat menjadi bekal untuk kehidupan keagamaannya pada masa yang akan datang.

Setelah rangkaian kegiatan Manasik Haji yang berakhir pada pukul 10.30 Wib, seluruh peserta yang berasal dari 8 wilyah Kecamatan yang ada di Jakarta Pusat melakukan foto bersama di sekitar area duplikat Ka’bah secara bergantian, menurut informasi dari seorang panitia Sebagian besar peserta selepas acara ini akan meneruskan perjalanan untuk Wisata Tournya keberbagai tempat Rekreasi di sekitar wilayah Jabodetabek dengan tujuan wisata yang berbeda. ( Sugeng P )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *