Terlaksana Dengan Baik Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa Orahua Faondato TA 2021

Terlaksana Dengan Baik Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa Orahua Faondato TA 2021

Reporter: Fon Zeb

Nias | Gerbang Indonesia – Laporan pertanggungjawaban Realisasi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja Desa Orahua Faondato tahun anggaran 2021 yang di selenggarakan oleh badan permusyawaratan desa(BPD) serta PJ kepala Desa Orahua Faondato bersama unsur kelembagaan Desa, unsur masyarakat Desa Orahua Faondato dan tenaga pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Bawolato bersama pendamping lokal desa(PLD) di tempat kantor Desa Orahua Faondato pada hari Kamis 27/01/2022.

Samueli Waruwu sebagai Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bertindak sebagai pimpinan rapat pada pertanggungjawaban realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022.

Disampaikan pada rapat musyawarah desa, “mari kita berikan pendapat dan atau pun pertanyaan bahkan saran agar segala apa yang kita ketahui bersama selama waktu sepajang satu tahun lamanya kegiatan desa tahun 2021 ini, mari kita coba satukan pikiran kita bersama demi membangun Desa kita bersama.
Saya sebagai ketua bersama rekan BPD mengucapkan terimakasih kepada bapak PJ Kepala Desa selama menyukseskan kegiatan anggaran dana Desa tahun 2021 ini, dan sekaligus juga kami mengucapkan banyak terimakasih kepada tim pelaksana kegiatan (TPK) yang telah bekerja sesuai dengan teknis pada perencanaan sebelumnya. Kami BPD mengajak seluruh masyarakat desa orahua faondato agar kita berikan pendapat yang menuju desa kita baik,” paparnya.

Baca juga:  Tambahan Satu Unit Damkar Senilai 1,8 M di Kabupaten Madina Telah Tiba

‌Salah satu tokoh masyarakat Desa Orahua Faondato Fonahia Gulo ungkapnya ditempat yang sama, “kami sebagai masyarakat Desa Orahua Faondato sebagian kami angkat jempol dalam pelaksanaan kegiatan anggaran dana desa tahun 2021 ini, tetapi ada juga yang masih kurang pelaksanaan kegiatan beberapa item lagi belum terlaksana, dan itu bukan berarti tidak bekerja profesional para pemerintahan desa tetapi sedikit terkendala saja, dengan hal itu terjadi, kami masyarakat mengingatkan pemerintahan Desa Orahua Faondato untuk memperbaiki yang masih terkendala untuk lebih baik lagi dimasa tahun 2022 ini nanti tandasnya.

PJ Kepala Desa Orahua Faondato Yaaro Ndruru dalam penyampaiannya, “kami sangat berterima kasih kepada masyarakat desa orahua faondato yang peduli dan rasa memiliki dalam pembangunan Desa, kami sebagai pemerintahan Desa Orahua Faondato sangat menerima kritikan dan saran yang baik dari masyarakat, itu cara yang lebih baik bila di kritik. Bila ada pemerintah yang tidak mau di kritik pekerjaannya itu namanya tidak bekerja profesional, tetapi kita sangat apresiasi masyarakat yang punya nyali untuk memberikan kritik dalam pembangunan yang bersih.
Kami sebagai pemerintahan Desa orahua Faondato sadar banyak yang tidak sesuai harapan masyarakat tetapi itu bukan berarti kita melalaikan tetapi sedikit saja ada kendala, dan itu akan kita perbaiki bersama sama demi kemajuan Desa kita.

Baca juga:  Serah Terima Jabatan Kepala Desa Terpilih Kecamatan Fatuleu Kab. Kupang

Kami mengucapkan terimakasih kepada Ketua BPD serta tokoh masyarakat yang bersama sama mendukung kinerja pemerintahan Desa Orahua Faondato selama ini. Saya sebagai kepala desa mengajak masyarakat untuk saling mendukung kegiatan pembangunan Desa, demi pembangunan Desa kita maju, tutupnya.

Setelah di setujui oleh seluruh tokoh masyarakat beserta beberapa Lembaga yang ada di Desa Orahua Faondato langsung di bacakan oleh sekretaris hasil pertanggungjawaban realisasi anggaran tahun 2021 dengan sebesar total jumlah anggaran.

Baca juga:  Mari Proaktif dan Kritis untuk Membangun Inovasi Bersih Bebas Korupsi

a. pendapatan. Rp. 1.380.623.719

b. Belanja desa.
1. Bidang penyelenggaraan pemerintahan desa Rp. 533.342.310.
2. Bidang pembangunan Rp. 629.294.410.
3. Bidang pembinaan kemasyarakatan Rp 86.113.540.
4. Bidang pemberdayaan masyarakat Rp. 24.865.400.
5. Bidang tak terduga Rp. 166.525.040.
Jumlah Rp. 1.262.150.400.
Surplus/ Defisit Rp. (59.516.981)

C. Pembiayaan.
1. Penerimaan pembiayaan Rp. 59.522.043
2. Pengeluaran pembiayaan RP. –
Sisa lebih / (Kurang) perhitungan Anggaran Rp. 5.062.

Bahwa kepala desa, Badan permusyawaratan desa orahua faondato dan seluruh masyarakat yang hadir pada musyawarah desa menyepakati menerima dan mengapresiasi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDesa) orahua faondato tahun anggaran 2021. Sambil di ketuk tiga kali palu oleh ketua BPD orahua faondato dengan serentak bertepuk tangan masyarakat setelah selesai di ketuk Palu. musyawarah tersebut aman dan terkendali sampai sukses. (Fon Zeb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *