Bahri: Benteng Lakauale Merupakan Salah Satu Bukti Leluhur Kita Tidak Mau Dijajah

Bahri: Benteng Lakauale Merupakan Salah Satu Bukti Leluhur Kita Tidak Mau Dijajah

MUBAR | Gerbang Indonesia – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat Dr. Bahri melakukan kunjungan di benteng Akauale yang merupakan sala satu benteng bersejarah yang terletak di Kabupaten Muna Barat.

Saat kunjungan itu Pj. Bupati Mubar didampingi Kasat Pol PP Mubar, Liber, Lurah Wamelai Ali Ode Pua, Kepala Desa Latompe La Ode Sugira dan beberapa awak media serta masyarakat.

Bahri mengatakan benteng Lakauale merupakan salah satu peninggalan leluhur kita yang harus dilestarikan supaya generasi mudah mengetahui bahwa leluhur kita tidak mau dijajah dengan cara membangun benteng-benteng.

” Mari kita lestarikan peninggalan sejarah agar generasi mendatang tahu bagaimana para leluhur berjuang melawan penjajah”, ujar Bahri Sabtu, (15/10/2022).

Benteng Lakauale pada masa dulu kata direktur perencanaan keuangan Daerah Kemendagri ini menjadi tempat perlindungan para perempuan dan anak anak ketika terjadi penyerangan yang dilakukan oleh Belanda.

Baca juga:  DPRD Kabupaten Pemalang Komisi C Menanggapi Perihal Statemen PLT Bupati Pemalang, Tentang Evaluasi Beras Mapan PT AU

” Sejara Buku yang kita baca, jika Belanda melakukan penyerangan di benteng Tiworo maka perempuan anak istri mengungsi di benteng Lakauale,” tuturnya.

Setelah melihat kondisi benteng Lakauale Bahri menyampaikan benteng peninggalan leluhur itu perlu perhatian dari masyarakat khususnya Pemda Mubar.

” Kita punya rencana
jika saya panjang umur memimpin, ada niat revitalisasi benteng Lakauale agar masyarakat tahu sejarah leluhur kita”, ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *