Kabupaten Pemalang Targetkan Cakupan Vaksinasi Menuju Herd Immunity

Kabupaten Pemalang Targetkan Cakupan Vaksinasi Menuju Herd Immunity

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia Kabupaten Pemalang targetkan cakupan Vaksinasi menuju Herd Immunity sementara itu di tiga Desa di Daerah Kabupaten Pemalang mendulang target Vaksinasi untuk menyamakan cakupan target Vaksinasi di Pemda Kabupaten Pemalang pada perolehan angka cakupan sampai dengan 70%.

Desa Klegen Kecamatan Comal, Desa Kebojongan Kecamatan Comal dan Desa Pegundan kecamatan Petarukan.

Kami dari media Gerbang Indonesia mengambil sesi wawancara secara maraton untuk mendapatkan klarifikasi perolehan data Vaksinasi massal dari tiga Desa tersebut, Selasa 30 November 2021.

Ditemui di tempat Balai Desa pada saat jam tugas adalah Bapak Gunawan selaku Kepala Desa Klegen, beliau memberikan informasi data perolehan Vaksinasi di Desanya yang sudah memperoleh cakupan target pada angka 85% warga Desanya yang sudah tervaksinasi, angka tersebut muncul dan terlapor dicatatan data kantor Balai Desa dengan pengambilan data valid dari lapangan sampai dengan dua tahap pendataan, pada tahap awal pelaksanaan pendataan Vaksinasi di Desa Klegen dilaksanakan oleh seluruh para RT dan RW di Desa tersebut, dan tahap pengambilan perbaruan yang kedua dilaksanakan oleh unsur Pemdes Perangkat Desa yang langsung saya delegasikan untuk door to door menyambangi warga masyarakat kami.

Foto: Gunawan Kepala Desa Klegen
Foto: Gunawan Kepala Desa Klegen

Dan perolehan data cakupan vaksinasinya sudah di angka 85% warga yang sudah tervaksin dan sisanya 15% yang belum menerima/melaksanakan vaksinasi, dari angka 15% data Warga yang belum tervaksin itu dikarenakan beberapa alasan hal yang beragam, mulai dari kesibukan pribadi Warga, faktor usia / lansia dan juga karena ada beberapa Warga dengan kondisi kesehatan dan secara pemeriksaan klinis dari tim Nakes tidak bisa memberikan Vaksin pada Warga tersebut.

Baca juga:  PTK & Pelindo Jalin Sinergi Perkuat Layanan Jasa Marine Nasional

Intinya untuk kesuksesan program Vaksinasi ini butuh kerja sama yang baik dari semua pihak, semua unsur lapisan Masyarakat Desa Klegen,” pungkas Pak Gunawan dalam wawancara dengan kami.

Selanjutnya kami melakukan klarifikasi perolehan data Vaksinasi dari Desa Kebojongan Kecamatan Comal.

Foto: Nuridin Kepala Desa Kebojongan
Foto: Nuridin Kepala Desa Kebojongan

Kami temui di Balai Desa Kebojongan Pada saat ada giat Vaksinasi di Desa tersebut, adalah Bapak Nuridin selaku Kepala Desa Kebojongan.

Beliau mengatakan “Alhamdulillah, jadi terkait dengan kegiatan Vaksinasi dari Desa Kebojongan sampai hari ini selalu kondusif dan sesuai harapan, karena upaya kami dari Pemerintah Desa disamping pendataan tiap rumah oleh kader-kader Desa dan Para RT, Para RW dan pengurus kegiatan Desa, juga para perangkat Desa, kami juga mengadakan woro-woro keliling Desa, harapannya agar tingkat kehadiran masyarakat lebih maksimal dan ternyata benar-benar antusias dengan giat vaksinasi hari ini.

Persentase perolehan per tanggal 25 kemarin itu sekitar 60% s/d 67% harapannya pelaksanaan Vaksin hari ini pada capaian angka 70% dan bisa lebih.

Tentunya bila Warga sudah melaksanakan Vaksin harapannya selalu sehat dan kebal terhadap virus-virus yang lain khususnya virus covid-19.
Upaya maksimal ini agar kita bisa lepas dari PPKN level tiga dan turun jadi level dua atau satu.

Baca juga:  Kanit Reskrim Polsek Gelumbang Mendapat Penghargaan

Pesan dan harapan kami dari Pemerintah Desa Kebojongan khususnya Masyarakat Warga kami dan pada umumnya Masyarakat Kabupaten Pemalang, saya berpesan agar program Pemerintah Pusat terkait dengan Vaksinasi ini harus kita capai bareng-bareng, agar aktifitas Masyarakat bisa segera kembali normal sehingga aktivitas seluruh Masyarakat bisa tidak terkendala dalam kegiatan apapun, selama ini Masyarakat dan juga kami di Pemerintahan Desa merasa canggung ketika ada kegiatan Masyarakat khususnya di hajatan, pengajian-pengajian dan juga kegiatan sosial yang lainnya.

Satu sisi kami sebagai Pemerintah Desa juga harus melaksanakan tugas-tugas apa yang diperintahkan oleh jajaran Pemerintah yang lebih atas/lebih tinggi, harapan kami atau pesan kami untuk semua Warga Desa Kebojongan khususnya umumnya Pemalang, ayo bersama-sama mengikuti Vaksinasi atau laksanakan Vaksin, sehingga harapannya target cakupan Vaksinasi 70% bisa cepat tercapai. Pungkas Pak Nuridin.

Setelah dari area Kecamatan Comal kami bergerak menuju barat ke wilayah Kecamatan Petarukan.

Adalah Desa Pegundan Kecamatan Petarukan, kami langsung menemui Bapak Sutrisno selaku Kepala Desa Petarukan.

Foto: Sutrisno Kepala Desa Petarukan
Foto: Sutrisno Kepala Desa Petarukan

Sesi wawancara kami lakukan di Balai Desa tersebut. Beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Vaksinasi hari ini adalah rangkaian planning Desa kami bahwa tiap hari Selasa ada giat vaksin di Desa Pegundan, agar Warga lebih mudah untuk mengetahui jadwal kegiatan yang berkelanjutan bagi Warga Desa kami.

Baca juga:  Perolehan Cakupan Vaksinasi Beberapa Desa di Kabupaten Pemalang pada Minggu Ketiga Bulan Desember

Sasaran pada hari ini, dengan mereview kegiatan Vaksinasi sebelumnya, dan untuk hari ini adalah lebih banyak pada pemberian Vaksinasi dosis dua, target cakupan sekitar 1000 kuota Vaksinasi dan vaksinasi dosis satu sebanyak 150 kuota.

Harapannya dengan kegiatan vaksinasi ini Masyarakat bisa sehat dan terbentuk Herd Immunity untuk kekebalan daya tahan tubuh sehingga dimasa Pandemi ini bisa terhindar dari covid 19 ini, karena Masyarakat sudah mempunyai daya tahan tubuh yang baik.

Dan untuk pelayanan kepada para lansia, ini juga ada kegiatan penjemputan ke rumah, itu sebagai alternatif program yang kami lakukan untuk mencapai cakupan target Vaksinasi di Desa kami.

Dan untuk menyamakan persepsi dengan program Pemerintah Daerah “Sukseskan vaksinasi 70% untuk Kabupaten Pemalang”.

Dari pencapaian Desa Pegundan yang baru sekitar 53%, dengan giat Vaksinasi hari ini bisa tembus target sesuai program Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang 70%.

Tentu harapannya untuk kegiatan Vaksinasi ini bisa ditingkatkan lagi, apalagi Desa dengan jumlah penduduk yang cukup banyak kami juga perlu bekerja lebih ekstra dalam setiap giat vaksin yang berlangsung.

Semoga kita tetap sehat dan kesejahteraan Masyarakat kita menjadi meningkat,” pungkas Pak Sutrisno.

Bisa kita baca bersama, bahwa tiga Desa yang sudah kita ambil wawancaranya, penuh semangat dan motivasi penting untuk menyamakan program Pemerintah Kabupaten Pemalang sukseskan 70% cakupan target Vaksinasi.(Eko B Art)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *