Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Kepala Desa Terpilih se-Kabupaten Kupang Periode 2022 – 2028

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Kepala Desa Terpilih se-Kabupaten Kupang Periode 2022 – 2028

Kupang | Gerbang Indonesia – Pelantikan dan sumpah Kepala Desa baru se-Kabupaten Kupang hari Senin, 19/12/2022 dilaksanakan di lobby lantai 2 kantor Bupati Kupang bersama 74 Kepala Desa.

Ketika bupati Kupang memberi sambutan diawali dengan menyapa dan hormat bagi seluruh tamu undangan dengan salam nasional. Turut hadir Forum komunikasi pimpinan daerah, atau yang mewakili, Dandim, Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri Oelmasi, Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Wakil Bupati Kupang, staf ahli kabupaten Kupang, Anggota DPRD kabupaten Kupang, PLT Sekretaris Daerah dan Staf Ahli Bupati Kupang, juga para Asisten Sekda Kabupaten Kupang, Pimpinan Perangkat Daerah, kepala kantor Kementerian Agama, kepala cabang bank yang bermitra dengan kepala desa terpilih 2022-2028 bersama istri dan juga suami, para Ketua DPD para pejabat Kepala Desa, semua ketua dan anggota pemilihan Kepala Desa, Rohaniawan, pendamping yang hadir, insan pers baik media cetak maupun elektronik.

Bupati Kupang Korinus Masneno juga menyampaikan, segala puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kasih dan penyertaanNya sehingga kita semua dapat berkumpul disini mengikuti acara pelantikan dan pengambilan sumpah kepala desa terpilih periode 2022-2028.

Seiring perkembangan teknologi dan juga dinamika di dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah daerah di tuntut untuk lebih memberikan apresiasi terhadap permasalahan yang telah dialami oleh masyarakat juga informatif dalam rangka menyelesaikan berbagai persoalan yang dialami di lapangan, cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Baca juga:  DPRD Kabupaten Pemalang Hijrah dari Gedung Lama Menuju Gedung Baru

Penegasan bupati Kupang bahwa, keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah kabupaten Kupang hari ini, sangatlah ditentukan Tuhan oleh keberhasilan kepemimpinan kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintahan di desa masing-masing

Setiap kepala desa dengan kewenangannya saat ini sudah harus mampu memberdayakan sumber daya yang ada di sekitarnya untuk dimanfaatkan dieksporadis dan dikelola potensi sumber daya, dengan menggerakkan sumberdaya manusianya, sumber modal yang dimiliki oleh setiap desa masing-masing.

Kepala desa harus mampu berfikir kreatif serta Inovatif sehingga seluruh potensi yang ada bisa di kembangkan secara optimal untuk peningkatan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat,yang pada akhirnya akan mampu menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan

Berbagai tahapan Pilkades khususnya masyarakat desa di kabupaten Kupang telah kita laksanakan dengan tertib, baik, aman dan lancar meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa pada tahapan tertentu turbolensi masih saja terjadi di beberapa daerah di kabupaten Kupang. Kita boleh berbeda tapi hasil akhirnya adalah kita untuk kita di desa kita masing-masing.

Baca juga:  DPD Partai Golkar OI Gelar Rapat Koordinasi dan Konsolidasi 16 Kecamatan

Himbauan beliau dalam sambutan menginginkan untuk semua bahwa kita tetap bersemangat membangun dengan adil, merangkul yang kuat dan mengajak kepada kepala desa terpilih untuk tidak hanyut dalam Evoria kemenangan akan tetapi segera laksanakan tugas dan fungsinya.

Segera melakukan proses penyusunan RPMdes yang memuat tentang visi misi yang telah di kampanye kan, memuat juga strategi dan kebijakan juga programnya.

Lihatlah seluruh pemangku kebijakan lembaga masyarakat di desa, laksanakan rencana kerja pemerintah desa tahun 2023 dengan asas tranparansi, akuntabel dan partisipatif, lakukan dengan disiplin tidak boleh ada atau bahkan ribut tentang program yang telah ditetapkan oleh kepala desa lama, tapi harus dilanjutkan dan dikembangkan sesuai visi misi, ungkapnya.

Menutup sambutan Bupati Kupang “Korinus Masneno ada beberapa pesan yang disampaikan bagi 74 Kepala Desa baru.

1. Segera melakukan penyatuan dan eratkan kembali hubungan kekerabatan di lingkungan masyarakat akibat paska pemilihan kepala desa
2. Pemberantasan kemiskinan,penurunan angka stunting dan pemulihan ekonomi masyarakat, Pendampingan ibu hamil serta penerapan gerakan tanam cepat serta panen cepat oleh setiap warga masyarakat di desa masing-masing
3. Laksanakan pengelolaan keuangan desa melalui transfer ke desa dengan baik dan transparan, hindarkan diri dari perilaku korupsi dan harus benar-benar menggunakan dana desa sesuai semestinya
4. Bermitra lah dengan badan permusyawaratan desa dan lembaga kemasyarakatan desa (selalu terbuka dengan pihak manapun )
5. Berdayakan PKK semua kaum marginal
6. Jadilah pemimpin desa yang membawa perubahan desa yang lebih baik untuk 6 tahun ke depan
Jangan hadir sebagai bagian dari masalah tapi harus menjadi bagian dari solusi karena untuk itu lah kita di hadirkan Tuhan menjadi suluh-suluh di negeri yang kita cintai
7. Di era teknologi dan informasi sekarang ini kepala desa tidak boleh anti kritik,
8. Jangan lupa berkordinasi dengan camat bahkan harus berkolaborasi secara bersama untuk membangun desa dan masyarakat.

Baca juga:  Pembukaan Turnamen Liga Sepak Bola Putra Putri Antar Pelajar SLTA Kabupaten Kupang

Lanjut Korinus Masneno mengucapkan, selamat kepada para kepala desa terpilih periode 2022-2028 yang telah di Lantik semoga pelantikan hari ini dapat menjadi awal dari sebuah pengabdian bagi Bangsa, Negara, Warga masyarakat desa khususnya dan pemerintahan
kata penutup bupati Kupang Korinus Masneno “Seorang kepala desa sukses karena ada seorang ibu desa karena itu jangan cari istri lain setelah jabat Kepala Desa menutup sambutan dan acara pelantikan.(Yurry Tse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *