Pj. Bahri Memberikan Secara Simbolik Penerima BLT APBD

Pj. Bahri Memberikan Secara Simbolik Penerima BLT APBD

MUBAR | Gerbang Indonesia – Penjabat Bupati Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan secara simbolik kepada penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Penyerahan itu dilakukan oleh Pj. Bahri di kantor Bupati Muna Barat seusai pelaksanaan Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang Ke 94.

Kata Bahri, ditengah inflasi pasti ada peningkatan masyarakat miskin dan berpenghasilan menurun, olehnya itu pemerintah daerah menindak lanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4, tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, sehingga Pemda Mubar dengan menggunakan APBD memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 5 Kelurahan di Mubar.

Baca juga:  BLT Terealisasi "Warga desa Orahua Faondato Merasa Senang"

” Kita berikan BLT pada 5 Kelurahan untuk 4bulan. Hari ini kita berikan secara simbolik dari perwakilan Kelurahan”, tutur Bahri pada Jumat, (28/10/2022).

Direktur perencanaan keuangan Daerah Kemendagri ini menjelaskan, bahwa ada tiga strategi yang harus diperhatikan dala menanggulangi kemiskinan ekstrim, yakni mengurangi beban pengeluaran menaikkan beban pendapatan dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan.

Baca juga:  Warga Baubau Miliki Rumah Harus Sediakan Sumur ResapanĀ 

” Di desa kan sudah ada BLT dana Desa untuk masyarakat, 40 persen dari DD sudah di anggarkan untuk BLT. BLT APBD ini kita berikan pada masyarakat Kelurahan”, jelasnya.

Pemberian BLT APBD ini tambah Bahri, merupakan kesepakatan antara DPRD Mubar dan Pemerintah Daerah, dan anggarannya berkisar 400juta untuk tahun 2022 ini.

Baca juga:  Penyaluran BLT dari sumber Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHTI) di Pendopo Wisnu Graha Tama Kecamatan Puger Kabupaten Jember

” Sudah disepakati DPRD dan Pemda, kita berikan 300ribu perbulan untuk masyarakat Kelurahan yang masuk kategori kemiskinan ekstrim”,ungkapnya.

Untuk Tahun 2023 Tambah Bahri, pemerintah akan memberikan bantuan mulai Januari hingga Desember. (La Roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *