PKBM Taruna Petarukan “Kita Terus Mendukung Pendidikan Untuk Meningkatkan IPM Kabupaten Pemalang”

PKBM Taruna Petarukan “Kita Terus Mendukung Pendidikan Untuk Meningkatkan IPM Kabupaten Pemalang”

Pemalang | Gerbang Indonesia – PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)
Taruna Petarukan yang berlokasi di desa Kendalsari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, pada pertengahan semester tahun ajaran 2022 2023 bisa mengakomodir penerimaan siswa didik baru mencapai 133 siswa dari berbagai usia yang terbagi dari mulai kejar paket A ada 100 siswa, kejar paket B ada 30 Siswa dan kejar paket C ada 3 Siswa.

Hal tersebut disampaikan oleh Wahyudi selaku Kepala PKBM Taruna Petarukan. Sabtu 31 Desember 2022.

Selanjutnya Wahyudi juga menambahkan bahwa Kami (PKBM) yang bergerak dalam Pendidikan non formal, terus berupaya melayani dan menerima masyarakat dalam hal pendidikan lintas usia, walaupun sedikit demi sedikit kami harus bergerak untuk memberikan pelayanan pendidikan sekolah dan kesetaraan kelulusan, bahkan lebih khusus untuk masyarakat kecamatan Petarukan dan sekitarnya.

Baca juga:  Bakti PKBM untuk peningkatan IPM Kabupaten Pemalang

Program program berkesinambungan yang sejalan dengan Dinas Pendidikan dan juga penggiat Pendidikan kita pasti ikut mendukungnya.
Sekalipun PKBM adalah bergerak di pendidikan non-formal, mudah mudahan bisa mendongkrak IPM Kabupaten Pemalang, dengan ikut membangun kesadaran Ayo kembali Bersekolah dan program Aksi Daerah “Njuh Sekolah Maning”.

Melihat kondisi real yang ada bahwa kabupaten Pemalang, dengan adanya PKBM disetiap Kecamatan, diharapkan bisa menjangkau dan mengakomodir masyarakat lintas usia untuk kembali bersekolah agar bisa membangun kesadaran bersama bahwa Pendidikan adalah sejatinya Kewajiban bagi setiap warga Negara.

Terimakasih untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang, selama ini sudah membantu, dalam artian memberikan sarana prasarana demi berjalannya kegiatan PKBM ini.

Informasi terbaru kemarin (belum lama ini dari Bappeda kabupaten Pemalang) bahwa ada anggaran yang akan di berikan kepada PKBM, rencana anggaran tersebut termasuk bentuk anggaran Pendidikan, nanti akan ada semacam insentive atau subsidi untuk siswa yang belajar di PKBM maupun Tutor (guru kelas PKBM), dan rencananya akan dikucurkan di tahun 2023 ini.

Baca juga:  Pembangunan Taman Pendidikan Baca Tulis Alqur'an NU Mangkrak, Pemerintah Daerah Tutup Mata

Tentunya untuk kelangsungan dan kelancaran kegiatan di PKBM bila anggaran tersebut bisa diawal atau pertengahan tahun ini, semoga saja pertengahan bulan ini bisa direalisasikan.

Untuk masyarakat kecamatan Petarukan khususnya dan warga masyarakat kabupaten pada umumnya, ayo kita bangun semangat bersama untuk kembali bersekolah, meskipun kesibukan dan usia tidak lagi usia sekolah, bila masyarakat Pemalang bisa mengenyam pendidikan dengan ijasah yang lebih tinggi tentunya ijasah itu bisa digunakan untuk meningkatkan taraf hidup, karena mendapatkan ilmu yang bertambah dan pengetahuan yang berkembang, dan selanjutnya ijasah dari PKBM itu setara dengan ijasah sekolah Formal, jadi bisa untuk melamar pekerjaan, untuk melamar menjadi pegawai ataupun bagi teman teman yang sudah bekerja bisa untuk persyaratan tingkat jenjang karir di dunia pekerjaan.

Baca juga:  Desa Pedagung Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Meminta Kuota Vaksinasi di Desanya diPerbanyak

Ayo masyarakat Pemalang, mari kita terus dukung Pendidikan di Pemalang untuk meningkatkan kualitas IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Pemalang.
“Ayo Kembali Bersekolah” Bagi yang pernah putus sekolah, lanjutkan tingkat pendidikan kita untuk memenuhi kelulusannya.

Kami berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang (dalam hal ini adalah Bapak PLT Bupati Mansur Hidayat) bahwa kami di PKBM masih minim dan banyak kekurangan disana sini, terutama tutornya itu kan juga belum dapat honor dari anggaran daerah, mohon diperhatikan, karena mereka (Tutor) termasuk adalah orang yang berjuang didunia pendidikan untuk Kabupaten Pemalang agar IPM di Pemalang bisa meningkat. Pungkas Wahyudi. (Eko B Art)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *